Home / Aceh / Pemkab Aceh Utara Usulkan Anggaran Pembangunan Irigasi Rp10 Miliar
WOL Photo/chairul sya'ban

Pemkab Aceh Utara Usulkan Anggaran Pembangunan Irigasi Rp10 Miliar

LHOKSUKON, WOL – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengusulkan anggaran senilai Rp10 miliar lebih untuk pembangunan saluran irigasi. Usulan itupun sempat dibahas dalam rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019, yang berlangsung di Balai Panglateh Kecamatan Lhoksukon, kemarin.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf atau Sidom Peng, mengatakan pihaknya mengusulkan anggaran senilai 10 miliar untuk pembangunan saluran irigasi di Krueng Pase, Rp10 miliar di Pirak Timu, dan senilai Rp1 miliar untuk di Desa Jamuan. Anggaran tersebut kata Sidom Peng, diusulkan kepada Pemerintah di Provinsi Aceh.

“Aceh Utara terdapat 70 persen bergerak di bidang pertanian, maka kita prioritaskan pembangunan saluran irigasi di Krueng Pase, Pirak Timu, dan Jamuan, serta bendungan yang ada di Tanah Jambo Aye. Lagi pula sawah tadah hujan terdapat di Kecamatan Pirak Timu dan Cot Girek, dalam Musrenbang juga disampaikan rencana tersebut,” ujar Sidom Peng yang ditulis Waspada Online hari ini, Selasa (03/04).

Pembangunan irigasi tersebut kata dia demi menunjang pertanian kedepan, dan dipastikan untuk tahun 2018 ini akan selesai pembebasan lahan. “InsyaAllah tahun 2018 ini sudah selesai pembebasan lahannya, kita prioritaskan untuk pembangunan saluran irigasi demi menunjang pertanian kedepan,” tukas dia.

Dikatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, Perumusan RKPD harus sesuai dengan kondisi, potensi dan permasalahan pembangunan Daerah. Dari hasil pengkajian dan pemetaan yang dilakukan dan yang menjadi permasalahan diantaranya masih rendahnya mutu pendidikan serta tingginya penggunaan dan peredaran narkoba.(wol/chai/data2)

 Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gubsu Perintahkan SKPD Berikan THR dan Gaji Ketiga Belas PNS

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) telah menyurati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: