Home / Aceh / Pemerintah Bebaskan 16 Pasien Pasung Dirujuk ke RSJ
WOL Photo/Chairul sya’ban

Pemerintah Bebaskan 16 Pasien Pasung Dirujuk ke RSJ

LHOKSUKON, WOL – Keluarga pasien sakit jiwa akhirnya dapat bernafas lega. Hal ini setelah Pemkab Aceh Utara melalui Bupati, H. Muhammad Thaib, membebaskan semua pasien di sembilan Kecamatan untuk membawanya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh.

Rata-rata pasien maupun keluarganya merupakan warga miskin. Dari keluarga mereka bahkan tidak ada cara lain memasung si pasien tersebut. Oleh karena itu pemerintah berinisiatif bebaskan pasien tersebut dari pasung untuk dirujuk ke RSJ.

“Hari ini kita jemput pasien ke rumahnya bersama Dirut RSJ Banda Aceh, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan Dinas Sosial Aceh Utara untuk kita bawa ke RSJ Banda Aceh guna mendapatkan perawatan,” ujar Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib atau Cek Mad usai melepas ikatan pasung di kaki salah satu pasien di Gampong Nga Lhoksukon, Senin (10/10).

Ditambahkan, saat dilepas pasung menjadi agenda kerja Pemkab Aceh Utara dan Pemerintah Aceh. Dinas terkait nantinya juga akan terus memantau pasien selama perobatan hingga kembali ke rumah.

Ada pun pasien yang dirujuk berjumlah 16 orang. Masing-masing dua pasien dari Lhoksukon, dua dari Paya Bakong, dua dari Tanah Jambo Aye, satu dari Tanah Luas, tiga dari Baktiya, satu dari Baktiya Barat, satu dari Lapang, satu dari Dewantara, dan tiga dari Kecamatsn Sawang. Mereka terdiri dari 14 pria dan dua wanita.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Masyarakat Ributi Soal Jalan Lhoksukon – Cot Girek

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Lhoksukon dan Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: