Home / Aceh / Pembangunan 120 Unit Shelter Untuk Rohingya Rp6 M
WOL Photo

Pembangunan 120 Unit Shelter Untuk Rohingya Rp6 M

LHOKSEUMAWE, WOL – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) membangun 120 unit shelter untuk 332 imigran Myanmar etnis Rohingya di atas lahan empat hektar di Desa Blang Adoe Kuta Makmur, Aceh Utara.

Direktur Program ACT, Sri Eddy Kuncoro mengatakan, pembangunan shelter menghabiskan biaya sekitar Rp6 miliar. Biaya tersebut kata dia bersumber dari sumbangan masyarakat di seluruh Indonesia dan dana yang dialokasikan dari luar negeri untuk penanganan masalah pengungsi Rohingnya.

“Pembangunannya itu menghabiskan biaya sekitar Rp6 miliar dari sumbangan masyarakat di Indonesia dan luar negeri,” katanya, Selasa (09/6).

Berdasarkan kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, tambahnya, untuk pembangunan shelter bagi pengungsi Rohingnya menjadi tanggung jawab ACT dan International Organization for Migration (IOM).

Dirinya juga menyebutkan bahwa akan juga dibangun mesjid dan poliklinik serta tempat bermain bagi anak-anak di sekitar lokasi baru untuk Rohingya. Shelter juga diberikan khusus dan akan dilakukan pemisahan bagi laki-laki dan perempuan.

Pembangunan shelter diprediksikan paling cepat selesai sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. “Apabila tidak terkejar maka diprediksikan selesai sebelum Idul Fitri. Sambil menunggu, maka 332 pengungsi Rohingnya kini masih ditampung di TPI Kuala Cangkoy Lapang,” tambahnya.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Inilah Masalah Kesehatan Perlu Ditangani Secara Lintas Sektoral

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Puskesmas Cot Girek diskusikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: