Home / Aceh / Pasien Sakit Jiwa Bebas Pasung Dirujuk ke RSJ Banda Aceh
WOL Photo

Pasien Sakit Jiwa Bebas Pasung Dirujuk ke RSJ Banda Aceh

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Pasien sakit jiwa asal Dusun Alur Sentosa, Desa Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, akhirnya terbebas dari pasung. Pria bernama M. Abdul Aziz (26) inipun dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh.

Tim Kesehatan dari RSJ Aceh bersama Dinas Kesehatan Aceh Utara dan Puskesmas Kecamatan Cot Girek tiba di rumah pasien pada Jum’at (07/09) siang, hal ini juga disetujui keluarga yang bersangkutan salah satunya ibu pasien, Supiati (50).

Mengutip keterangan keluarga pasien, Kepala Puskesmas, Cot Girek dr. Yulia Laila, mengatakan pasien yang bersangkutan telah bebas dari pasung. Pihak keluarga menurutnya akhir-akhir ini merasa kewalahan karena pasien jiwa tersebut kerap meninggalkan rumah jika tidak dipasung.

“Pasien atas nama Abdul Aziz ini baru dilepas pasung dan dibawa ke Banda Aceh, karena kalau tidak dipasung sering jalan keluar entah kemana sampai ke kecamatan lain dan keluarga kewalahan. Pasien sakitnya sudah lima tahun tapi kondisinya sempat lumayan membaik,” ujar Yulia.

Pihaknya akhir-akhir ini turut menangani pasien tersebut yang sudah terganggu jiwanya sejak lima tahun, dengan memberikan obat rutin.

“Pasien ini mulai kambuh lagi sejak setahun ini, maka hari ini kita jemput untuk dirujuk ke Banda Aceh guna diberikan penyembuhannya sampai pulih,” tambah Yulia.

Sementara itu ibu pasien, Supiati, mengatakan awal anak pertamanya mengalami gangguan jiwa semenjak pulang dari Banda Aceh. Setelah beberapa lama mengalami gangguan itu pihak keluarga merasa kewalahan, apalagi putranya itu kerap meninggalkan rumah.

“Ini anak pertama saya dan sudah lima bulan dipasung karena kerap tak pulang ke rumah dan pernah dijumpai di Simpang Kramat. Pasung dilepas setelah Lebaran Idul Adha karena kondisi kesehatan mulai membaik. Ya gitu-gitu aja nanti dilepas lagi, dipasung lagi. Kalau sudah ngamuk ya dipasung lagi, tapi akhir-akhir ini mulai membaik,” tukas Supiati.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: