_
Home / Aceh / Panwaslu Akan Rekomendasikan Penurunan APK Menyalahi Aturan
WOL Photo/ chairul sya'ban

Panwaslu Akan Rekomendasikan Penurunan APK Menyalahi Aturan

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) maupun atribut Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu, tampak terpasang di beberapa titik tempat publik khususnya di Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Lhoksukon telah mengeluarkan surat peringatan bernomor 102/BAWASLU.AC.11.14/PM.00.02/XI/2018 tertanggal 06 November 2018 ditujukan kepada Pimpinan Parpol Peserta Pemilu tingkat kecamatan di Lhoksukon.

Sedangkan batas waktu yang diberikan sejak dikeluarkan surat tersebut yakni hingga tanggal 12 November 2018. Akan tetapi masih ada sejumlah APK yang terpasang di tempat yang dimaksud.

Ketua Panwaslu Lhoksukon, Fauzizan, mengatakan temuan pihaknya bahwa sejumlah APK banyak terpasang di tempat publik antara lain di pagar (lingkungan) depan terminal Lhoksukon, tugu Lhoksukon, dan pohon. Namun, terbanyak ditemukan di pohon.

Pihaknya dalam hal ini akan memberikan rekomendasi penurunan dan pembersihan terhadap APK yang menyalahi aturan perundang-undangan kepada pihak terkait. Hal ini, kata dia, juga telah dibahas dengan Bawaslu Kabupaten Aceh Utara.

“Sudah kami surati sejak dikeluarkannya surat peringatan pada tanggal 06 November 2018 kepada Parpol yang terdata pada kita untuk menertibkan APK-nya. Jika tidak mengindahkan hingga batas waktu yang kami berikan, Panwaslu akan mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan pembersihan,” tutur Fauzizan, Rabu (14/11).

Dijelaskan, sejak penetapan jadwal kampanye pada 23 September 2018 pihaknya juga telah menyurati Parpol Peserta Pemilu supaya mengikuti aturan perundang-undangan. Untuk APK yang ada di wilayah kerja Panwaslu Lhoksukon juga diklasifikasi untuk mana yang melanggar dan yang tidak.

“APK yang ada di Lhoksukon kita klasifikasi. Jadi, kita pilah mana yang melanggar dan yang tidak melanggar. Nah yang melanggar ini maka kita surati untuk menertibkan APK-nya,” tukas Fauzizan.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Mendagri Persilakan Uji Materi Soal Larangan Foto Tokoh Bangsa di APK

JAKARTA, WOL – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mempersilakan partai politik yang keberatan dengan larangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: