Home / Aceh / Panglima: Kekuatan TNI Bersandar Kepada Rakyat
WOL Photo/Ilustrasi

Panglima: Kekuatan TNI Bersandar Kepada Rakyat

LHOKSEUMAWE, WOL – Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang dianut.

Hal ini sebagaimana disampaikan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, melalui amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 011/Lilawangsa, Letkol Inf Shofanuddin, pada upacara HUT TNI ke-72 di lapangan Hiraq Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (05/10).

“Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP, berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas,” ucapnya.

Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam banjir dan longsor, maupun keberhasilan TNI melaksanakan Operasi Tinombala dalam rangka menumpas aksi-aksi terorisme.

Setiap Prajurit dan ASN dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang.

“lmplementasinya, prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dimanapun prajurit TNI berada dan bertugas. Dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI,” tambahnya.

Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya kondisi seperti ini tentunya hasil kinerja estafet yang diukir oleh pimpinan TNI dan Pejuang TNI yang dengan gigih dan sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Disebutkan, penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah “Bersama Rakyat TN/Kuat”.

Hadir pada Hari Jadi TNI ke-72 antara lain, Wakil Wali Kota Lhokseumawe Yusuf Muhammad, Wakil Bupati Aceh Utara Fauji Yusuf, Kapolres Lhokseumawe dan Aceh Utara. Sedangkan unsur TNI dihadiri oleh para Komandan Satuan TIN-AD, TNI-AL, dan TNI-AU jajaran Korem 011/LW, unsur muspida plus Aceh Utara dan Lhokseumawe serta para tamu undangan yang hadir.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Teknologi Perpipaan Berperan Penting Terhadap Industri Sawit

MEDAN, Waspada.co.id – Menjadi peran penting perpipaan untuk industri sawit, Vinilon Group turut berpartisipasi dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: