Home / Aceh / Ops Patuh Rencong 2018: Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas
Kapolres Gayo Lues melalui Wakapolres Kompol Budi Dharma SH saat Apel Gelar Pasukan, pertanda dimulainya Ops Patuh Rencong 2018, di halaman Mapolres, Kabupaten Gayo Lues, Kamis (26/4). (WOL Photo/Bustanuddin)

Ops Patuh Rencong 2018: Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Polres Gayo Lues resmi menggelar Operasi Patuh Rencong 2018, dalam rangka meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan kepatuhan hukum masyarakat. Operasi ini dilakukan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Gayo Lues, Kamis (26/4).

Apel dipimpin oleh Wakapolres Gayo Lues, Kompol Budi Dharma SH dan yang bertindak sebagai Komandan Apel yaitu KBO Narkoba Polres Gayo Lues, Ipda Andreas Ginting.

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rencong tersebut dihadiri juga Kasdim 0113/Gayo Lues Mayor Inf Iman Sukoco SAg, Kabag Ops Polres Gayo Lues Kompol Masri, para Kabag, Kasat, Kasi jajaran Polres Gayo Lues, Danpos Aju Sub Den POM IV Kuta Cane, yang diwakili Praka Abdi, Kasat POL PP Gayo Lues Khairuddin SPd, Kadis Hub Gayo Lues diwakili oleh Ibrahim, personil gabungan yang terlibat dalam pelaksanan Ops Patuh Rencong 2018.

Amanat Kakorlantas Polri yang dibacakan oleh Wakapolres Gayo Lues selaku Inspektur Apel mengatakan, gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Tahun 2018, mengatakan di bidang lalu lintas dewasa Ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor fan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era figital, di mana operasional order angkutan publik sudah menggunakan telepon genggam (Handphone). “Modernisasi Ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas. Sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut,” jelas Wapolres Gayo Lues.

Sesuai amanat Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, personil diharapkan mampu mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu ketertiban (Kamseltibcarlantas). Meningkatkan kualitas keselamatan, menekan korban Kecelakaan lalu lintas. “Membangun budaya tertib berlalu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata Wakapolres lagi.

Sedangkan 9 Mei 2018, secara serentak di seluruh Indonesia sasaran prioritas Operasi Patuh Tahun 2018, yakni; pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi bermotor menggunakan narkoba dan mabuk, pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan,” ungkapnya.

Pelaksanan Ops Patuh Rencong 2018 kali akan berlangsung selama 14 hari, 26 April s/d 9 Mei 2018, dengan melibatkan personil gabungan POM TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP yang ada di Kabupatem Gayo Lues.

Adapun pelaksanan Ops Patuh Rencong Tahun 2018 bertujuan memberikan wawasan, kesadaran, serta kedisiplinan kepada pengemudi dalam berkendaran dengan tindakan preventif dengan cara yang simpatik. (wol/bus/data2)

Editor: M Agus Utama

Check Also

HUT Bhayangkara, Polri Hadapi Berbagai Tantangan di Era Digital

GAYO LUES, Waspada.co.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia semakin mengahadapi tantangan yang cukup berat, karena ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: