Breaking News
Home / Aceh / Obat Kadaluarsa Masih Beredar di Sejumlah Apotek
foto: WOL Photo
foto: WOL Photo

Obat Kadaluarsa Masih Beredar di Sejumlah Apotek

SIGLI, WOL – Satuan Reserse Narkoba Polres Pidie menggandeng BPOM Banda Aceh dan Dinkes Pidie dalam operasi gabungan pemberantasan narkoba. Demikian disampaikan Kapolres Pidie melalui Kasat Res Narkoba AKP Raja Aminuddin Harahap, Kamis (12/10).

AKP Raja Aminuddin menjelaskan operasi dengan sebutan “Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) Rencong 2017” fokus memeriksa sejumlah apotek yang beroperasi di wilayah hukum Polres Pidie dan Pidie Jaya.

Hal ini dilakukan guna mencegah peredaran obat-obatan terlarang, seperti pil PCC (Paracetamol Caffein Carisprondol), Tramadol HC1, Somadril, Carnophen, Komix Dt, Dextromethorphan Generik  serta obat-obatan lain yang semakin meresahkan.

Begitupun dengan hadirnya BPOM Banda Aceh dan Dinkes Pidie dalam operasi tersebut diharapkan dapat melakukan pengawasan terhadap obat-obatan kadaluarsa yang masih beredar dipasaran serta dapat pula mengontrol perizinan sejumlah apotik di daerah itu.

“Kami fokus pada target pemeriksaan terhadap obat-obatan terlarang dan kadaluarsa yang masih dijual di apotek-apotek,” tegas AKP Raja Aminuddin.

Dari beberapa apotek yang telah diperiksa, AKP Raja menjelaskan petugas menemukan sejumlah jenis obat-obatan kadaluarsa yang masih diperjualbelikan. Selain itu, petugas juga menemukan jenis obat-obatan yang mengandung zat narkoba seperti Tramadol HC1.

“Jenis obat-obatan itu semua kami sita karena tidak diperbolehkan untuk dijual secara bebas. Kami juga akan minta keterangan pemilik apotek di Mapolres Pidie,” tegasnya.

Operasi Bersinar Rencong 2017 sendiri dilaksanakan mulai Kamis (12/10) dan berakhir pada 31 Oktober mendatang. (wol/aa/bm/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Muspika Mila, Kabupaten Pidie, Aceh, meninjau lokasi perkebunan warga diamuk gajah liar. (WOL Photo/ Chairul Sya'ban)

Gajah Liar Rusak Kebun Warga di Kecamatan Mila

SIGLI, WOL – Sejumlah gajah liar dilaporkan merusak tanaman perkebunan masyarakat di Desa Tuha Lala, ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.