Breaking News
Home / Aceh / Muspika Lhoksukon Sosialisasikan Perbup Aceh Utara No 50 Thn 2017
WOL Photo/Chairul sya'ban
WOL Photo/Chairul sya'ban

Muspika Lhoksukon Sosialisasikan Perbup Aceh Utara No 50 Thn 2017

LHOKSUKON, WOL – Muspika Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, sosialisasikan Penggunaan Dana Desa kepada masyarakat di sejumlah desa yang ada di Lhoksukon hingga beberapa hari kedepan. Materi yang disampaikan yaitu Peraturan Bupati Aceh Utara Nomor 50 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di gampong (desa, red).

Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kecamatan Lhoksukon, Samsul Bahri S.Sos, mengatakan ia mewakili Camat, Saifuddin S.Sos, untuk menyampaikan materi kepada masyarakat melalui sosialisasi tersebut. Sosialisasi itupun turut dihadiri Kapolsek Lhoksukon, AKP Teguh Yano Budi, geuchik, dan Danramil Lhoksukon, Kapten Inf Nurdi H.

Dalam materi itu dijelaskan, pengadaan barang/jasa di gampong yang tidak dapat dilaksanakan secara swakelola baik sebagian maupun keseluruhan, dapat dilaksanakan oleh penyedia barang/jasa yang dianggap mampu. Sedangkan untuk kegiatan pengadaan jasa kontruksi, OP TPK diberikan maksimal 7 persen dari pagu kegiatan jasa kontruksi.

”Pengadaan barang/jasa di gampong pada prinsipnya dilakukan secara swakelola dengan memaksimalkan penggunaan material bahan dari wilayah setempat. Dilaksanakan secara gotong royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat setempat untuk memperluas kesempatan kerja dan pemberdayaan masyarakat setempat,” jelas Samsul, Jumat (13/10).

Dijelaskan, pengadaan barang/jasa di gampong adalah kegiatan pengadaan yang dibiayai dengan APBG, baik yang dilaksanakan secara swakelola maupun oleh penyedia barang/jasa. Pengadaan itupun turut dilaksanakan oleh TPK di Gampong.

”TPK adalah Tim Pelaksana Kegiatan yang pelaksanaan pengadaan barang/jasa ditetapkan dengan keputusan geuchik, karena jabatannya mempunyai kewenangan menyelenggarakan keseluruhan pengelolaan keuangan gampong,” tukasnya.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: topskor

PSSI Tunjuk Bima Sakti Tangani Timnas U-19

JAKARTA, WOL – PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih sementara Timnas U-19 ditemani Cristian ‘El ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.