_
Home / Aceh / MK Putuskan Puteh Boleh Maju Pilkada
WOL Photo

MK Putuskan Puteh Boleh Maju Pilkada

JAKARTA, WOL – Bakal Calon Gubernur Aceh, Abdullah Puteh, yang maju bersama Sayed Mustafa melalui jalur independen, akhirnya dinyatakan bisa kembali mencalonkan diri pada Pilkada Aceh 2017.

Hal ini setelah perkara kasus gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas Pasal 67 Ayat (2) Huruf (G) Tentang Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) dimenanginya pada persidangan yang berlangsung di Jakarta, Selasa (23/8).

Dalam risalah yang disampaikan MK, Heru Widodo selaku Kuasa Hukum Abdullah Puteh mengatakan gugatan itu diajukan secara perorangan atas nama Abdullah Puteh yang pernah menjabat sebagai Gubernur Aceh yang pernah berkasus.

Menurut Heru, Pasal 67 Ayat (2) Huruf (G) UUPA tersebut sangat merugikan Abdullah Puteh, karena berlakunya pasal tersebut telah menghalang-halangi hak konstitusional pemohon maju dipilih menjadi kepala daerah di Provinsi Aceh.

Pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota tidak lagi mensyaratkan tentang larangan bagi mantan terpidana dalam perkara yang ancaman hukumannya lebih dari lima tahun. Atas hasil putusan, Puteh berterima kasihnya kepada MK yang telah berlaku adil.

“Terima kasih saya ucapkan kepada MK, yang telah berlaku seadil-adilnya dalam menangani kasus perkara ini. Dan secara tidak langsung juga telah memberikan kembali hak konstitusional saya selaku anak bangsa Indonesia,” katanya.

MK yang telah melakukan judical review terhadap poin yang menyatakan mantan narapidana (napi) tidak bisa maju sebagai calon kepala daerah, berdampak positif pada demokrasi untuk Aceh yang lebih maju ke depan. “Tidak ada anak bangsa yang dihapus haknya dalam berdemokrasi untuk memajukan Indonesia ini,” ungkap Puteh.

Selain itu, Puteh berjanji akan menampung segala potensi yang ada, terutama pada pemuda Aceh nantinya dengan tujuan memajukan Aceh ke arah yang baik. Seperti diketahui, Puteh membawa visi Tribakti Rakyat Aceh, yaitu Implementasi Syariat Islam, Revolusi Pertanian, dan Revolusi Birokrasi.(wol/aa/ags/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kunjungi Waspada Online, Mahasiswa USM Tambah Wawasan

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan mahasiswa Ilmu Jurnalistik Universiti Sains Malaysia (USM) studi tur ke redaksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.