Home / Aceh / Meski Pernah Dipidana, Tgk Iskandar Nerific Maju di Pileg DPRK Gayo Lues
Istimewa

Meski Pernah Dipidana, Tgk Iskandar Nerific Maju di Pileg DPRK Gayo Lues

GAYO LUES,Waspada.co.id – Menjelang Pemilihan Anggota Legislatif DPRK Gayo Lues, yang akan berlangsung 2019 mendatang, sejumlah bakal calon legislator mulai mendaftarkan diri di KIP Kabupaten Gayo Lues, Senin (16/7).

Demikian juga dengan sosok Tgk Iskandar Nerific warga Kelurahan Kota, Blangkejeren. Pada periode sebelumnya dia pernah menjadi Anggota DPRK Gayo Lues.

Namun, pada tahun 2012 lalu, situasi politik memanas akibat sengketa Pilkada antara beberapa kubu Balon Bupati Gayo Lues, sehingga terjadi aksi anarkis berupa pembakaran sejumlah fasilitas milik pemerintah oleh sejumlah pendukung pasangan calon. Tgk Iskandar ditangkap dan diadili akibat tindakan tersebut. Tgk Iskandar kemudian menjalani masa tahanan selama beberapa bulan di Lembaga Pemasyarakatan Klas B, Blangkejeren.

Kepada Waspada Online, di kediamannya Kelurahan Kota, Blangkejeren, Senin (16/7), Tgk Iskandar mengaku sudah mempersiapkan berkas pencalonannya, salah satunya tentang pemberitahuan di media massa bahwa dirinya pernah menjadi seorang narapidana dan wajib diumumkan di media massa sebagai syarat yang harus dipenuhi dari Komisi Independen Pemilihan (KIP),” sebutnya.

Dikatakan, dirinya juga pernah menduduki Anggota DPRK Gayo Lues pada periode sebelumnya, kali ini pun dirinya akan maju sebagai Calon Anggota DPRK dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil I yang meliputi Kecamatan Blangkejeren, Blangpegayon, dan Putri Betung. “Seluruh keluarga beserta rekan-rekanya, telah siap mendukung saya,” terangnya.

Diketahui, syarat mencalonkan diri sebagai Anggota DPRK meskipun mantan narapidana, itu diatur berdasarkan ketentuan UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 240 ayat 1 hurup G. “Di situ UU Pemilu menyatakan seorang mantan Narapidana yang telah menjalani masa hukuman selama lima tahun atau lebih, boleh mencalonkan diri selama yang bersangkutan mengumumkan pernah bersetatus sebagai napi kepada publik,” sebutnya.

Iskandar juga mengatakan, keinginannya untuk kembali mejadi Anggota DPRK Gayo Lues karena dukungan dan aspirasi dari kader Partai PPP sendiri dan masyarakat, sehingga dia bertekad akan ikut berkompetisi pada 2019 mendatang.

“Visi dan misi saya mencalonkan diri adalah untuk menampung aspirasi masyarakat, berusaha memperbaiki perekonomian masyarakat terutama didaerah pemilihan Dapil I serta masyarakat Gayo lues umumnya,” tegasnya. (wol/bus/data1)
Editor: M Agus Utama


Check Also

Demi Transparansi, Kampung Penampaan Sahkan APBK Tahun 2018

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Untuk lebih transparan dalam pengelolaan Dana Desa, unsur perangkat Desa Penampaan mengadakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: