Newsticker
WOL / Aceh / Mereka ‘Terkurung’ Dalam Kemiskinan
WOL Photo/chairul sya'ban
WOL Photo/chairul sya'ban

Mereka ‘Terkurung’ Dalam Kemiskinan

LHOKSUKON,WOL – Mengatasi angka kemiskinan tampaknya masih menjadi ‘PR’ pemerintah khususnya Kabupaten Aceh Utara. Kemiskinan rata-rata melingkari warga fakir miskin maupun dhuafa yang memiliki rumah tidak layak huni, seperti salah satunya yang dialami Maimunah (45) ibu dari Maya Julianti (18) yang baru-baru ini viral di media sosial.

Keluarga kecil asal Gampong Cot Trueng, Kecamatan Seuneuddon, Kabupaten Aceh Utara ini, berjuang dalam sebuah rumah yang nyaris ambruk dimakan usia. Mereka terkurung dalam kemiskinan yang begitu mencekam, tiada pilihan lain selain berdoa kepada sang ilahi agar sebuah kebesaran menghampirinya.

Terjawab sudah, ‘Istana Kecil’ bakal ditempati keluarga ini berkat uluran tangan Fachrul Razi M.I.P senator asal Aceh. Sejak dua hari lalu, istana kecil buat keluarga Maya mulai dikerjakan.

Kisah hidup dalam kemiskinan keluarga tersebut yang duluan viral di Media Sosial bahkan membuat salah satu Camat kena ‘Semprot’ oleh pimpinannya saat rapat pimpinan. Hal itu diakuinya langsung saat berbincang dengan Waspada Online.

Kemiskinan yang sama juga membuat keluarga Rusli Sudarmono (40) terkurung. Rumahnya tak jauh dari kediaman Maya, dan masih dalam desa yang sama. Tak ada pilihan lain, ia bersama isteri dan dua anaknya yang masih berusia empat tahun dan 8 bulan memilih tinggal di sebuah gubuk bekas penjagaan peliharaan sapi.

“Awalnya gubuk ini saya jadikan sebagai penjagaan peliharaan sapi. Saya bekerja menjaga sapi peliharaan orang, namun kini tidak lagi. Maka gubuk ini sekarang saya jadikan tempat tinggal bersama isteri dan dua anak saya,” ujar Rusli Kamis (20/04).

Kondisi pasangan suami isteri ini tak jauh beda dengan rumah yang ditempati keluarga Maya. Saat diguyur hujan lebat, Rusli dan isterinya tidak tidur lelap, mereka lebih memilih melindungi kedua anaknya dari derasnya hujan yang tiris dari atap daun rumbia. Sesekali angin menerbangkan dinding dapur yang terbuat dari tepas lapuk.

Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto sempat menyambangi kediaman Rusli pada Senin (17/04) usai menyambangi kediaman keluarga Maya Julianti. Dalam arahannya, Dandim mengajak untuk bersatu membangun Aceh Utara yang lebih baik. Salah satunya membantu Pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan tanpa pandang bulu.

Camat Seuneuddon, Fatwa Maulana mengatakan, pada tahun 2015 lalu ia mencatat lebih dari 100 unit rumah di wilayah kerjanya yang terdapat tidak layak huni sama sekali dan rehab. Data itu kata dia telah diserahkan kepada Pemerintahan di Aceh Utara.

Lantas bagaimana mewujudkan istana kecil bagi mereka yang terkurung dalam kemiskinan?(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Baca Juga

foto: eonline

Selena Gomez Malas Jumpa Bieber di Billboard Awards

LOS ANGELES, WOL – Ada satu masa ketika Justin Bieber dan Selena Gomez didaulat menjadi ...

  • Tifani Lauw

    sory numpang BC bosku
    Lagi jenuh dan bosan?
    Yuk main di flbet yang terbaik dan terpercaya
    Pelayanan 24 jam
    BBM:2BD8E818

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.