Home / Aceh / Masyarakat Tampeng Dukung Kepemimpinan H Muhammad Amru
WOL Photo

Masyarakat Tampeng Dukung Kepemimpinan H Muhammad Amru

GAYO LUES, Waspada.co.id – Kampung Tampeng, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues adalah salah satu perkampungan penduduk yang ada di Negeri Seribu Bukit Gayo Lues. Banyak pihak belum mengerti atau belum tahu, karena Kampung Tampeng sama dengan perkampungan lainnya di Tanah Gayo.

Tetapi ada sesuatu peristiwa yang sangat luar biasa yang pernah terjadi di Kampung Tampeng ini. Sejarah perjuangan anak negeri menentang penjajahan kolonial Belanda tertoreh dalam catatan sejarah pada 1905 kala pertempuran berdarah yang tidak seimbang terjadi di dalam “Benteng Uluh Cangduri” (bambu berduri) yang mengelilingi Kampung Tampeng.

Ratusan pejuang, anak-anak hingga wanita syahid dalam Benteng “Uluh Cangduri” diserbu Belanda tanpa menyisakan lagi orang bertahan. Kini, Kampung Tampeng yang terkenal dengan Benteng Uluh Cangduri kembali menoreh sejarah dengan putra terbaik dari Kampung Tampeng, H Muhammad Amru, telah menjadi pemimpin di Kabupaten Gayo Lues.

Rencananya, Gayo Lues akan dijadikan sebagai Negeri Seribu Hafidz. Kebanggaan masyarakat Tampeng jelas terpancar dari raut wajah para tokoh ulama, masyarakat, adat maupun pemudanya. Hal ini terungkap saat acara halal bi halal di Aula Pendopo Bupati Gayo Lues, Sabtu (16/6) malam.

Suratman, salah seorang tokoh masyarakat Kampung Tampeng, menyampaikan dukungan terhadap kepemimpinan HM Amru. Dalam kesempatan itu, Bupati H Muhammad Amru pun tak lupa mengucapkan apresiasi atas dukungan masyarakat.

Bupati pun meminta kepada masyarakat, khususnya Kampung Tampeng, agar senantiasa memberikan arahan dan masukan yang membangun untuk kemajuan Gayo Lues. Apalagi mengingat kembali sejarah perjuangan di masa lalu, sebagai cambuk masyarakat lebih meningkatkan tali silaturahim di antara sesama.

Di akhir pidatonya, Amru juga meminta agar nasyarakat bahu membahu dalam membangun negeri memanfaatkan setiap potensi yang ada serta rencana memugar kembali Benteng Uluh Cangduri sebagai ikon perjuangan membela Tanah Air dari penjajahan Belanda. (wol/bus)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

HUT Bhayangkara, Polri Hadapi Berbagai Tantangan di Era Digital

GAYO LUES, Waspada.co.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia semakin mengahadapi tantangan yang cukup berat, karena ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: