Home / Aceh / Mabes Polri Musnahkan Ladang Ganja 16 Ha di Aceh Besar
(WOL Photo/chairul sya'ban)

Mabes Polri Musnahkan Ladang Ganja 16 Ha di Aceh Besar

ACEH BESAR, WOL – Pemusnahan ladang ganja kembali dilakukan Polri di Aceh, sejak Senin (15/05). Kali ini pemusnahan seluas 16 hektar ladang ganja turut melibatkan tim gabungan dari Direktorat Narkoba Mabes Polri, Direktorat Narkoba Polda Aceh, Brimob Polda Aceh dan Polres Aceh Besar.

Pemusnahan berlangsung di kaki pegunungan Seulawah tepatnya di Desa Meusale Lhok, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar dan dipimpin langsung Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Eko Daniyanto didampingi Katim Satgas NIC Dittipidnarkoba Bareskrim, AKBP Dony Setiawan, dan Dir Resnarkoba Polda Aceh.

WOL Photo/Chairul Sya'ban
WOL Photo/Chairul Sya’ban

Pemusnahan dilakukan dengan cara mencabuti satu persatu tanaman ganja, lalu dibakar. Ladang ganja tersebut ditemukan di beberapa titik yang lokasinya tidak berjauhan. Bahkan untuk menuju lokasi tim harus menjajal medan berat dengan melewati perbukitan yang curam.

“Titik ladang yang pertama ditemukan seluas 2 Ha, titik kedua 12 Ha dan titik ketiga lebih dari 2 Ha. Sedangkan ketinggian ladang ganja berkisar antara 1,5 sampai dengan 2,8 meter,” demikian dikatakan Brigjen Pol Eko kepada Waspada Online, Selasa (16/05).

Penemuan ladang ganja tersebut kata Eko, hasil dari pengembangan penemuan sindikat pengedar narkoba di Lampung dua bulan yang lalu yang mencapai hampir satu ton. Pihaknya melakukan pengembangan, dan ternyata terdapat sembilan hingga 12 titik yang berdekatan di satu kawasan yang sama.

Dari hasil pengembangan itu, Direktorat Narkoba Mabes Polri memerintahkan Direktorat Narkoba Polda Aceh dan jajarannya untuk melakukan penyelidikan di lapangan sehingga ditemukan adanya indikasi ladang baru di pegunungan Aceh Besar.

“Hari ini pemusnahan kedua, kemarin sudah dilakukan namun mengingat cuaca sudah tidak memungkinkan untuk memusnahkan seluruh ladang ganja yang sudah ditemukan tersebut, maka hari ini kita lanjutkan kembali,” pungkas Jenderal Bintang Satu ini.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

3 Kali Dapat WTP, Kemendagri Tak Menyangka Gubernur Aceh Diciduk KPK

  JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak menyangka Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: