Home / Aceh / LSM Lamar Gandeng PMI Pidie Kumpulkan 35 Kantong Darah
WOL Photo

LSM Lamar Gandeng PMI Pidie Kumpulkan 35 Kantong Darah

SIGLI, WOL – Peringati Hari Ibu ke-89, kantor LSM Layanan Masyarakat (LSM Lamar) Sigli bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pidie, melaksanakan aksi donor darah, Minggu (24/12).

Dalam kegiatan sosial ini, panitia berhasil mengumpulkan 35 kantong darah untuk membantu persediaan darah PMI. Donor darah yang dipusatkan di lantai satu Kantor LSM Lamar, Komplek Terminal Terpadu, Kota Sigli ini diikuti oleh para anggota TNI dari jajaran Kodim 0102 Pidie, Dinas Perhubungan dan personil Posko Rakyat Pidie, serta anggota pengungurus LSM Lamar serta masyarakat sekitar.

Ketua LSM Lamar, Ir Muhammad Yacub, mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan 77 kantong darah. Namun karena dari 77 jumlah pendodnor yang mendaftar hanya 35 calon pendonor yang dapat diambil darahnya untuk disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Pidie.

“Kami berharap ke depan lebih banyak lagi masyarakat yang bersedia ikut berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya” kata Muhammad Yacub.

Dikatakan, berdasarkan laporan PMI kepada pihaknya, dari total 35 kantong darah yang berhasil dikumpulkan itu, golong darah A sebanyak sembilan kantong, golongan darah B terkumpul 10 kantong, darah O berjumlah 15 kantong dan golongan darah AB satu kantong.

“Rata-rata calon pendonor yang darahnya gagal diambil karena tidak mencukupi syarat. Ada yang kurang HB dan ada yang tensi rendah,” kata Muhammad Yacub lagi.

Dijelaskan, kegiatan donor darah ini dinilai sangat baik dan perlu terus dilakukan oleh pihaknya dalam upaya membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

“Program sosial berupa donor darah ini akan terus kami lanjutkan untuk enam bulan sekali. Pada kesempatan yang lain kami juga akan turun ke setiap kecamatan untuk mensosialisasikan kegiatan ini kepada seluruh masyarakat Pidie” sebutnya.

Tidak hanya donor darah, lanjut Yacub, LSM Lamar juga akan melakukan bakti sosial di bidang-bidang lain, seprti; penyuluhan kesehatan, ekonomi, hukum, narkoba dan perlindungan anak. (wol/aa/bm/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Kapolrestabes Bersihkan Masjid Jelang Ramadhan

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, bersama personil jajaran melaksanakan bersih-bersih Masjid ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: