Home / Aceh / Korban Bencana Alam di Matang Sijuek Huni Rumah Baru
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Korban Bencana Alam di Matang Sijuek Huni Rumah Baru

LHOKSUKON, WOL – Sejumlah 13 kepala keluarga di Dusun Cot Rabo Desa Matang Sijuek Timur, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara, resmi menempati rumah barunya. Mereka merupakan korban yang rumahnya rusak ringan, rusak berat, dan rusak total akibat angin puting beliung pada 25 November lalu.

Rumah baru untuk korban ini merupakan bantuan tanggap darurat Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara yang dikerjakan dalam Bhakti Sosial oleh TIM Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Aceh Utara bersama TNI Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara dalam hal ini Koramil 18/Baktiya Barat.

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib yang akrab dipanggil Cek Mad didampingi Ketua DPRK, Ismail A Djalil atau Ayahwa dan Ketua Umum IPSM, Mukhtaruddin, pada Jum’at (29/12) pagi menyerahkan langsung kunci rumah tersebut khususnya kepada lima kepala keluarga yang rumahnya rusak total diterjang bencana tersebut.

“Total rumah yang rusak ada 13 unit, masing-masing delapan unit rusak berat dan ringan, dan lima unit rusak total yang artinya rumahnya roboh dan rata dengan tanah saat bencana itu datang. Jadi hari ini Pak Bupati telah menyerahkan lima unit rumah baru untuk yang rusak total,” ujar Ketua Umum IPSM Aceh Utara, Mukhtaruddin, kepada Waspada Online.

Disebutkan, IPSM lahir berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 01 Tahun 2012 sebagai mitra Pemerintah dalam Bidang penyelenggaraan kesejahteraan Sosial. Disebutkan juga, sejumlah 18 program kerja IPSM berhasil dijalankan di tahun 2017 ini termasuk Bhakti Sosial dalam rehab-rekon pasca bencana angin puting beliung melanda Dusun Cot Rabo Desa Matang Sijuek Timur.

Sementara itu Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib atau Cek Mad, mengatakan Pekerja Sosial Masyarakat sangat diharapkan oleh Pemerintah Aceh Utara berperan aktif dalam pembangunan dan pengawasan untuk menuju Aceh Utara yang baik dan maju.

“Pemerintah Aceh Utara mengucapkan terimakasih atas dukungan dan peran aktif pengurus IPSM baik Kabupaten, Kecamatan dan Gampong dalam menjalankan program penyelenggaraan kesejahteraan rakyat masyarakat Aceh Utara. Seperti hari ini, kita resmi serahkan lima unit rumah yang telah dikerjakan tim IPSM dalam bhakti sosial kepada korban bencana alam,” ujar Cek Mad. (wol/chai)

Editor: Agus Utama

Check Also

Tiap Tahun Baitul MAL Targetkan Rumah Layak Huni

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Masih banyaknya rumah pakir miskin yang tidak layak huni khususnya di Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: