Home / Aceh / Konjen Jepang Resmikan Proyek Bantuan Hibah Grassroots
istimewa

Konjen Jepang Resmikan Proyek Bantuan Hibah Grassroots

ACEH UTARA,Waspada.co.id – Konsul Jendral Jepang di Medan, Takeshi ISHII, meresmikan dua proyek bantuan hibah Grassroots di Kabupaten Aceh Utara. Proyek tersebut berupa pembangunan gedung sekolah yang diresmikan pada 25-26 Juli lalu di dua tempat yang berbeda.

Upacara peresmian gedung SMPS Sukma Almubarakah di Desa Kunyet Mule, Kecamatan Matang Kuli, Kabupaten Aceh Utara, diselenggarakan pada Rabu (25/7). Acara dihadiri oleh Kabag Sarpras Disdik Kabupaten Aceh Utara Jamaluddin SSoil MPd dan Salamina MA selaku Kadis Agama Aceh Utara.

Proyek ini merupakan bantuan Pemerintah Jepang melalui dana Hibah Grassroots yang diberikan kepada Yayasan Pendidikan Islam Almubarakah Kunyet Mule sebesar Rp939.624.000. Gedung sekolah baru ini terdiri atas dua lantai dan memiliki enam ruang kelas belajar dan empat ruang toilet serta diperkirakan dapat menampung 270 siswa.

Pemberian dana tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat Kunyet Mule dan sekitarnya untuk memiliki fasilitas pendidikan yang lebih layak dan terjangkau.

Selanjutnya, peresmian gedung MTS Peutoe di Desa Manyang, Kecamatan Lhoksukon digelar pada Kamis (26/7). Acara dihadiri oleh Drs Mundir MPd dari Kementerian Agama Aceh Utara dan Fauzan Saputra mewakili Polsek Lhokseumawe.

Kepada Yayasan Tanah Rencong Kecamatan Lhoksukon, Pemerintah Jepang memberikan bantuan Rp960.832.750. Gedung ini terdiri atas enam ruang kelas belajar dan empat ruang toilet serta diperkirakan dapat menampung 150 siswa.

Dalam pidatonya, Takeshi ISHII berharap agar gedung sekolah yang sudah dibangun tersebut dapat dipelihara dengan baik dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Aceh Utara. Dikatakan, bantuan Hibah Grassroots diberikan untuk mengatasi permasalahan kebutuhan dasar manusia, salah satunya di bidang pendidikan.

Hal tersebut merupakan wujud kepedulian serta persahabatan rakyat Jepang terhadap Indonesia di mana tahun ini merupakan peringatan ke-60 tahun bagi hubungan diplomatik Jepang-Indonesia. (wol/aa/rls/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Bupati Minta Doa JCH Agar Aceh Utara Jauh Dari Narkoba, AIDS, dan Aliran Sesat

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah 348 Jama’ah Calon Haji (JCH) dari 23 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: