_
Home / Aceh / Kodim 0113/Gayo Lues Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana
WOL Photo/Bustanuddin

Kodim 0113/Gayo Lues Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Dalam rangka siaga bencana Alam, Kodim 0113/Gayo Lues menggelar Latihan Posko 1 Penanggulangan Bencana. Pelatihan secara resmi dibuka oleh Kasrem 011/Lilawangsa Letkol Inf Sunardi Istanto SH, Rabu (19/6). Latihan Posko 1 ini digelar selama tiga hari, 19-21 Juni 2019 di Makodim 0113.

Danrem 011/LW Kolonel Inf Purmanto dalam amanatnya, yang dibacakan Kasrem, menyebutkan tujuan utama latihan ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan.

“Taktik dan teknik, olah yudha, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam suatu posko serta kodal operasi,” jelasnya, Rabu (19/6).

Kegiatan latihan ini juga bertujuan memberikan pemahaman, masukan dan ilmu pengetahuan tentang mekanisme kerja dan kendali operasi dalam penanggulangan bencana alam yang melibatkan instansi terkait seperti unsur Basarnas, BPBD, Pemda, Polri dan lainnya.

Dalam amanat tertulisnya, Danrem 011/LW berpesan, latihan ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, penuh disiplin serta semangat yang tinggi, agar tujuan dan sasaran latihan yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai dengan keinginan dan harapan sebagai Satgas Bencana.

“Ambil manfaat yang sebesar-besarnya dan jangan takut salah, jadikan kesalahan tersebut sebagai suatu pengalaman yang berharga dan segera ambil tindakan yang benar. “Dan tidak mengulangi kesalahan dalam tindakan berikutnya,” jelasnya.

Sementara itu Dandim 0113/Gayo Lues, Letkol Arm Sugiharto SE, mengatakan Latihan Posko 1 yang dilakukan Kodim merupakan program dari Korem 011/LW, dalam rangka antisipasi bencana alam.

Latihan kali ini mengambil tema penanggulangan bencana alam khususnya banjir, latihan dilakukan bersama stakeholder terkait seperti Pemda, Polri, BPBD, dan lainnya.

“Intinya latihan posko ini untuk memperkuat mekanisme kerjasama antara TNI dan instansi lainnya dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam khususnya banjir,” sebut Dandim.

Jadi, jika ada ancaman bencana Alam, semua instansi sudah sama-sama siaga dengan tugasnya masing-masing,dan juga sebagai fungsi kontrol apakah kegiatan sudah sesuai prosedur atau belum. Selain itu, untuk internal Kodim juga melatih koordinasi antara pimpinan dan staf, jelas Dandim. (wol/bus/data1)

适适

Editor: Agus Utama

Check Also

Tim Gabungan Evakuasi Warga yang Terkepung Banjir

LHOKSUKON, WOL – Tim gabungan yang terdiri dari TNI Polri, SAR BPBD bersama personel Radio ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.