Home / Aceh / KIP Gayo Lues Tetapkan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pemilu 2019
Komisioner KIP Gayo Lues, menjelasan ketentuan teknis soal lokasi alat peraga Pemilu 2019, Kabupaten Gayo Lues, di gedung DCC Blangkejeren, Kamis (13/9). (WOL Photo/Bustanuddin)

KIP Gayo Lues Tetapkan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pemilu 2019

GAYO LUES, Waspada.co.id – Dalam rangka penetapan lokasi alat peraga Kampanye Pemilu 2019, KIP Gayo Lues menggelar rapat koordinasi di DCC Blangkejeren, yang diikuti sekira 50 orang peserta, Kamis (13/9).

Hadir antara lain, Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, Ketua KIP Gayo Lues, Said Abdullah SE, Ketua Panwaslu Gayo Lues, Sulaiman S.Sos, Komisioner Panwaslu Ali Nurdin, Wakapolres Gayo Lues, Kompol Andyano SKM, serta para Ketua Partai Politik peserta Pemilu 2019.

Ketua KIP Gayo Lues Said Abdullah SE, dalam kesempatan itu mengatakan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI, No. 07 tentang Pemilihan Umum dan PKPU No. 28/2018 tentang Perubahan atas PKPU No. 23/2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum, menyebutkan, lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye dilarang berada pada tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan (Kampus dan Sekolah).

“Berkenaan dengan ini, kami meminta Bupati Gayo Lues untuk memberikan Informasi tentang lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye yang diizinkan atau diperkenankan oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues. Agar dipasang pada masa dilaksanakannya tahapan kegiatan kampanye yang dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang. Hal ini untuk menjaga keindahan dan kerapian Kabupaten Gayo Lues,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru, mengatakan belum lama ini Gayo Lues melaksanakan Pilkada, sehingga tentunya masih ingat bagaimana aturan tempat pemasangan alat peraga kampanye. “Untuk penentuan tempatnya kita mengacu seperti pada Pilkada kemarin,” sebutnya.

“Pilkada kemarin cukup bagus hanya perlu lebih ditertibkan lagi. Yang menjadi catatan jangan merusak dan memasang alat peraga dengan memaku pohon atau memasang ditiang listrik yang dapat mengganggu jaringan listrik,” jelas Bupati.

Adapun lokasi pemasangan alat peraga yang ditentukan oleh KIP Kabupaten Gayo Lues antara lain; Dapil l (satu) Kecamatan Blangkejeren, Simpang Tiga TVRI, Kecamatan Dabun Gelang di Simpang Cinta Maju, Kecamatan Putri Betung di Depan Kantor Camat Putri Betung.

Dapil ll (dua), pemasangan alat peraga perbatasan diantara Kecamatan Kutapanjang dan Kecamatan Blangjerango di depan Polsek Kutapanjang, Kecamatan Tripe Java depan Kantor Camat Tripe Jaya , Kecamatan Terangun di Simpang Kampung Padang.

Sementara DAPIL lll (tiga), Kecamatan Pining di sekitar daerah Kampung Pertik, Antara Kecamatan Rikit Gaib dengan Pantan Cuaca di lokasi stasiun TVRI Desa Cane Uken, dan untuk tambahan baliho di masing-masing Kecamatan Simpang Kantor DPRK Gayo Lues, Sekretariat Partai masing masing di kabupaten, serta Sekretatiat Partai masing-masing di Kecamatan dan Sekretariat Partai masing-masing di kampung.

Sedangkan untuk pemasangan sepanduk di pinggir atau bahu ruas jalan nasional, provinsi, kabupaten dan kampung, di pagar rumah warga atau badan swasta harus dengan seizin pemilik rumah atai badan swasta tersebut, serta di setiap posko Partai di kabupaten, kecamatan dan kampung.

Pemasangan umbul umbul, sepanjang bahu atau pinggir jalan selama tidak menggangu ketertiban umum, dan di posko partai politik masing-masing. Demikian penjelasan Komisioner KIP Gayo Lues, agar setiap partai pengusung dan simpatisan mematuhinya. (wol/bus/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Revisi PKPU Perlu Waktu Yang Panjang

JAKARTA, Waspada.co.id – Mahkamah Agung telah mengabulkan gugatan terhadap Pasal 4 ayat (3) PKPU Nomor ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: