Home / Aceh / Kementerian Pendidikan-Pemkab Gayo Lues Teken MoU
WOL Photo/Bustanuddin

Kementerian Pendidikan-Pemkab Gayo Lues Teken MoU

JAKARTA, Waspada.co.id – Guna mendukung dan melestarikan seni dan budaya Tari Saman, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, menandatangani kerja sama (MoU) penyelenggaraan Platform Indonesiana dengan Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, di Jakarta, Jumat (6/7) lalu.

Kadis Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin, mengatakan MoU tersebut merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam bidang kebudayaan. Kepada Waspada Online, Senin (9/7), anggaran yang dikucurkan untuk program Indonesiana dalam bingkai Festival Budaya tersebut mencapai Rp900 juta dan dana sharing nanti dimanfaatkan dari APBK Kabupaten Gayo Lues.

Disebutkan, kegiatan yang akan dilaksanakan dari Indonesiana Festival Budaya tersebut antara lain Bejamu Saman (festival saman antardesa) selama dua hari dua malam yang dilaksanakan untuk 11 kampung di 11 kecamatan. Lalu, kompetisi Kesenian Bines bagi remaja putri, kompetisi kopi, kompetisi menjahit kerawang, kompetisi musik etnik, tarian saman Bale Asam yang rencananya melibatkan 330 penari.

Selain dari kegiatan tersebut akan diadakan juga workshop dan seminar tentang Tari Saman. Dikatakan, festival budaya tersebut direncanakan berlangsung selama tiga bulan pada September hingga November mendatang. (wol/bus/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Banyak Kepala Daerah Terjaring OTT KPK, Jokowi: Jangan Main-Main dengan Korupsi

  TANGERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyorot maraknya penangkapan kepala daerah oleh Komisi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: