Home / Aceh / Kawanan Gajah Liar Hampiri Bangunan CRU Baru Cot Girek
WOL Photo/chairul sya'ban

Kawanan Gajah Liar Hampiri Bangunan CRU Baru Cot Girek

LHOKSUKON, WOL – Sejumlah kawanan gajah liar kembali berkeliaran di areal perkebunan masyarakat Dusun Alue Buloh Paket 14 Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara. Bahkan, kawanan satwa dilindungi ini sempat menghampiri bangunan Conservation Response Unit (CRU) yang sedang dibangun.

Warga menyebutkan, kawanan gajah yang jumlahnya mencapai lebih dari 20 ekor, terpecah menjadi tiga kelompok dan sudah berada di kawasan itu sejak 10 hari belakangan ini. Mustafa (40) dan Jaelani (29), mengatakan hingga Kamis (16/11) tengah malam kawanan gajah masih berkeliaran.

“Sudah sepuluh hari ini gajahnya berkeliaran di tempat ini dan kerap memasuki kawasan Alue Buloh. Tetapi kami hanya menghalaunya dengan cara tangan, mengusirnya agar tidak memasuki kebun kami,” ujar Mustafa dan Jaelani yang dibenarkan warga lainnya.

Pada Rabu (15/11) petang kemarin, Waspada Online turun ke lokasi guna memantau langsung aktivitas kawanan gajah liar tersebut. Beberapa kotoran gajah dan bekas jejak pun tampak terlihat di sekitar bangunan CRU yang tidak ada papan proyeknya. Beberapa pekerja bangunan mengaku sempat khawatir saat dihampiri hewan berbadan besar itu.

“Gajahnya ada yang anakan dan ada yang besar, mungkin itu induk dan anaknya. Mereka (Gajah) bermain di sekitar bangunan CRU, tuh kotoran dan bekas jejaknya masih ada. Tetapi tidak menganggu kami yang sedang istirahat di gubuk,” ujar beberapa pekerja bangunan CRU.

Waspada Online bersama warga sempat melihat sejumlah gajah liar yang didominasi betina dan anakan. Gajah-gajah ini juga tampak melambaikan belalainya ke arah warga yang sedang menontonnya. Tanpa rasa takut, mereka pun diabadikan dengan menggunakan smartphone. Sebagian membunyikan meriam bambu, bahkan Jaelani dengan beraninya menghampirinya gajah-gajah itu dari jarak dekat.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Terjerat Kasus Korupsi, Irwandi Yusuf: Saya Berjasa Kepada Negara

  JAKARTA – Gubernur non-aktif Aceh, Irwandi Yusuf rampung menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: