_
Home / Aceh / Karang Taruna Nibong Sosialisasi Bahaya Narkoba
WOL Photo/Chairul sya'ban

Karang Taruna Nibong Sosialisasi Bahaya Narkoba

LHOKSUKON, WOL – Pemuda Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara yang tergabung dalam Pengurus Karang Taruna setempat menggelar sosialisasi bahaya narkoba bekerjasama dengan Polsek Nibong dan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB di aula kantor Kecamatan setempat, Selasa (01/11).

Sosialisasi sengaja digelar oleh Karang Taruna Nibong dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke 88 Tahun 2016 dengan mengusung tema “Selamatkan Dirimu, Keluargamu, Saudaramu dan Lingkunganmu Dari Bahaya Narkoba”.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Nibong, Mahyan Ridha, menyebutkan narkoba sudah menjadi bencana besar di Aceh khususnya Kecamatan Nibong. Karena menurutnya, dengan mengkonsumsi narkoba maka generasi muda akan hancur. Untuk itu pada hari ini pihaknya mengumpulkan masyarakat yang terdiri dari pemuda dan orang tua untuk menghadiri sosialisasi bahaya narkoba.

“Di samping itu kami berharap agar Pemerintah tidak semata membangun fisik, tetapi psikis juga harus dibangun. Karena apabila hanya fisik saja yang dibangun dengan megah, tapi masyarakatnya sudah terkontaminasi dengan narkoba, maka fisik yang dibangun tadi akan dengan mudah dirusak oleh para pecandu narkoba,” ujarnya.

Dalam sosialisasi itu, Penyuluh Narkoba BNNK Lhokseumawe, Awirda Fahmi SH turut menjelaskan materi yang ia sampaikan kepada peserta sosialisasi, salah satunya menjelaskan tentang apa itu napza, narkotika dan narkoba.

Napza kata dia adalah narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif. Narkoba, adalah narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Narkotika, adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Sedangkan Psitropika adalah suatu obat/zat baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika bersifat psikoaktif yang menyebabkan perubahan mental dan perilaku. Jenis-jenis narkotika yaitu ganja, heroin, kokain, morfin, opium, dan kodein. Jenis-jenis psikotropika yaitu LSD (Lysergic Asid Diethyl-amide), ekstasi, metamfetamin atau sabu-sabu, dan amfetamin. Sedangkan zat adiktif adalah inhalen, rokok, dan minuman beralkohol.

“Daya rusak narkoba yaitu, korban jiwa sekitar 40-50 meninggal setiap harinya dan mengalami kerugian materi sekitar Rp65, 6 triliun untuk pertahunnya. Kemudian, kerusakan yang mengakibatkan turunnya kualitas sumber daya manusia generasi muda penerus bangsa,” tutupnya.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Waspada! Gunung Anak Krakatau Meletus 407 Kali Dalam Sehari

JAKARTA, Waspada.co.id – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung mengalami 407 kali kegempaan letusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.