Home / Aceh / Kapal Etnis Rohingya Terombang-Ambing di Bireuen
Ilustrasi/foto: okz

Kapal Etnis Rohingya Terombang-Ambing di Bireuen

BIREUEN, Waspada.co.id – Satu unit kapal kayu yang ditumpangi WNA Myanmar etnis muslim Rohingya dikabarkan terombang ambing di Perairan Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, dengan jarak sekitar 17 Mil lebih. Hingga pukul 16.30 WIB, Jum’at (16/11), kapal tersebut bergerak menuju perairan Timur-Aceh.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireuen, Muhammad Nasir, membenarkan kabar tersebut. Pihaknya terus memantau situasi di lapangan dengan berkoordinasi melalui Pol Airut, TNI AL (Marinir), nelayan, dan Panglima Laut setempat.

“Sampai saat ini informasi sudah akurat. Pihak kami telah berkoordinasi langsung dangan Panglima Laut Kabupaten Bireuen yang membawahi Sebelas Abu Lhok/Kuala dan sudah jelas imformasinya,” demikian kata Kalak BPBD Bireuen, Muhammad Nasir, dikonfirmasi Waspada Online, malam ini.

Berdasarkan hasil komunikasi pihaknya dengan Panglima Laut, kapal kayu bermuatan etnis Muslim Rohingya sedang bergerak menuju ke arah Timur. Pihaknya terus memantau perkembangan dan situasi di lapangan.

“Kapal kayu yang bermuatan penuh dengan pengungsi Rohingya sedang menuju ke arah timur atau melewati kawasan Bireuen dengan jarak sekitar 17 mil laut. Saya mengintruksikan kepada Tim Reaksi Cepat bersama Petugas Pemadam untuk melaksanakan pemantauan di pesisir Pantai dan berkoordinasi dengab Panglima Laut dan Abu Lhok,” tukasnya.

Informasi lain diterima Waspada Online, kapal tersebut bergerak ke Timur dengan melewati perairan Bireuen dan Utara-Aceh. Namun Kalak BPBD Aceh Utara, Munawar H. Ibrahim, kepada Waspada Online mengatakan hingga Jum’at petang pihaknya belum menerima informasi detail.

“Sampai saat ini belum ada tanda-tanda sudah sampai mana kapal tersebut bergerak. Kabar terakhir saya terima informasi dari Bireuen bahwa kapal tersebut bergerak ke Perairan Timur. Tentunya kami juga tetap siaga,” ujar Munawar.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ini Kata Menristekdikti Soal Kuliah Online

  BANDUNG – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) saat ini terus mendorong pendidikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: