_
Home / Aceh / Irwandi Yusuf Menang di Pilkada Aceh
WOL Photo/chairul sya'ban

Irwandi Yusuf Menang di Pilkada Aceh

BANDA ACEH, WOL – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh secara resmi membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi penetapan dan pengumuman penghitungan suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang berlangsung di ruang paripurna DPRA di Banda Aceh, Sabtu (25/02).

Hasil rapat pleno yang selesai pada pukul 18.30 WIB itu menunjukkan pasangan Irwandi Yusuf/Nova Iriansyah memperoleh suara terbanyak dibandingkan paslon lainnya. Pasangan tersebut peroleh suara sebanyak 898.710, sedangkan pasangan Muzakir Manaf/T.A Khalid peroleh suara 766.427.

Kemudian pasangan Tarmizi A Karim/Machsalmina Ali peroleh suara sebanyak 406.865. Pasangan Zaini Abdullah/Nasaruddin peroleh suara sebanyak 167.910. Sedangkan pasangan Zakaria Saman/T Alaidinsyah peroleh suara sebanyak 132.981 suara, sedangkan pasangan Abdullah Puteh/Sayed Mustafa Usaib hanya peroleh suara 41.908.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, mengatakan dari jumlah tersebut, total suara sah yang didapatkan para calon berjumlah 2.414.801 suara. Sedangkan suara tidak sah dalam Pilkada Aceh 2017 berjumlah 109.612 suara, pemilih disabilitas yang totalnya 2.409 pemilih sebanyak 912 penyandang disabilitas menggunakan hak pilihnya.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat, penyelenggara, dan stakeholder lainnya yang telah mengikuti seluruh tahapan Pilkada Aceh 2017 dengan tertib, sehingga Pilkada berjalan aman dan lancar. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, perhitungan suara Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017 hari ini kami nyatakan sah,” ucap Ridwan diteruskan dengan mengetok palu sidang.

Sementara itu Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan, menyebutkan pelaksanaan pleno tersebut juga mendapat pengawalan ekstra dari aparat gabungan sejumlah 1.020 personel yang terdiri dari Brimob, Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, dan aparat TNI Kodam Iskandar Muda dan Kodim 0101/BS.(wol/chai/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wali Kota Sambut Baik Program Kerja Natural Aceh

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan salut dengan program kerja ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.