Home / Aceh / IPSM Aceh Utara Targetkan 24 Unit Rumah Layak Huni Untuk Warga Miskin
WOL Photo/Chairul Sya'ban

IPSM Aceh Utara Targetkan 24 Unit Rumah Layak Huni Untuk Warga Miskin

LHOKSUKON, WOL – Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Aceh Utara terus berupaya menggandeng para stakeholder maupun donatur untuk merehab dan membangun rumah tak layak huni agar menjadi layak huni untuk warga yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Di tempat terpisah, Ketua IPSM Aceh Utara Mukhtaruddin S.Pd, mengatakan untuk awal 2018 pihaknya sudah membangun setidaknya tiga unit rumah layak huni di Aceh Utara. Sementara target yang akan dibangun untuk tahun 2018 ini pihaknya mencatat ada sekitar 24 unit rumah tidak layak huni yang patut direhab maupun dibangun total.

Pihaknya sebelumnya juga memiliki database untuk rumah tidak layak huni di kabupaten Aceh Utara, pihaknya mencatat bahwa terdapat sekitar 5.700 unit rumah tidak layak huni namun untuk kali ini pihaknya akan memverikasi kembali database tersebut mengingat seluruh desa di Aceh Utara telah membangun rumah dhuafa fakir miskin dari anggaran Dana Desa sebagaimana Perbup Aceh Utara.

“Dalam hal membangun rumah layak huni, IPSM sendiri belum memiliki anggaran. Namun, dengan melibatkan stakeholder seperti donatur dan pihak lain yang mampu diajak kerja sama maka Insya Allah kami mampu mendirikan rumah tersebut,” ujar Mukhtaruddin.

Hal ini disampaikannya saat ditemui Waspada Online di tempat terpisah, Kamis (29/03), usai meninjau pembangunan rumah layak huni milik Saifuddin di Desa Matang Sijuek Barat, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara.

Ia menyebutkan, pembangunan rumah untuk Saifuddin sebelumnya sudah dikoordinasikan sebulan yang lalu dan Kodim 0103 Aceh Utara melalui Dandim Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto turut menyumbangkan material bangunan berupa sejumlah 20 lembar seng.

Sementara itu pemilik rumah, Saifuddin, mengatakan dirinya sangat senang dibantu oleh Kodim 0103 Aceh Utara dan oleh IPSM Aceh Utara. Dirinya sangat berterimakasih atas bantuan tersebut, mengingat sejak tahun 1995 ia bersama tujuh orang anaknya bersama seorang isteri menempati rumah reot tersebut.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ini Kendala Pembangunan Waduk Kreutoe di Paya Bakong

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Kecamatan Paya Bakong merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: