Home / Aceh / Insiden Aceh Singkil Diminta Bupati Mundur
cnnindonesia.com

Insiden Aceh Singkil Diminta Bupati Mundur

BANDA ACEH, WOL – Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dinilai menutup mata terhadap aspirasi Ummat Muslim yang ada di bumi Syekh Abdurrauf As Singkil.

Bahkan, dinilai bahwa awal terjadinya kerusuhan di kabupaten itu akibat pembiaran Pemkab Aceh Singkil.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ketua Barisan Mahasiswa dan Pemuda Aceh Singkil (BM-PAS) Delky Nofrizal Qutni, Koordinator Forum Mahasiswa Peduli Syeikh Abdurrauf As-Singkily (FAMILY) Jirin Capah dan Koordinator LSM Solidaritas untuk Rakyat Daerah Terpencil (SuRaDT) Mawardi.

“Persoalan awal terjadinya insiden Aceh Singkil dikarenakan pembiaran yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Singkil. Selama ini Pemerintah Aceh Singkil menutup mata terhadap aspirasi ummat muslim yang ada di Bumi Syekh Abdurrauf As-Singkili,” terangnya lewat keterangan tertulis diterima Waspada Online, Selasa (20/10).

Ketiganya sangat berharap agar pihak penegak hukum juga tidak menutup mata dan hanya mempersoalkan tindakan pembakaran gereja tanpa melihat lebih jauh akar permasalahannya.

“Selama ini terkesan yang didengung-dengungkan hanya persoalan mayoritas dan minoritas, atau tindakan Intoleran,” tulisanya dalam keterangan pers.

Padahal menurut mereka, jika dilihat lebih jauh, ada kearifan lokal di bumi Hamzah Fansuri yang di injak-injak, ada perjanjian antar ummat beragama tahun 1979 dan tahun 2001 yang dikhianati, peraturan hukum yang dilanggar.

“Jelas ini bermuara kepada bentuk pembiaran yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil,” tegasnya.

Dalam hal ini, BM-PAS, FAMILY dan SuRaDT juga meminta penegak hukum segera mengusut tuntas benar atau tidaknya surat perjanjian yang dibuat oleh Bupati dan Wabup Aceh Singkil saat Pilkada 2012 lalu.

“Harus dilakukan investigasi terkait persoalan ini agar keadilan hukum dapat terwujud tanpa pandang bulu. Jika terbukti benar maka jelaslah ini alasan kuat non muslim untuk mendirikan rumah Ibadah, berani mendirikan ibadah,” pinta Delky, Ketua BM-PAS.

Pun jika terbukti surat itu benar adanya, maka pihaknya dkk mendesak bupati mundur. “Jika terbukti, maka kami desak Bupati Aceh Singkil mundur dari jabatannya,” pungkas Delky.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pemprov Aceh Siapkan Bantuan Hukum Untuk Irwandi Yusuf

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan, Pemerintah Aceh sedang mempelajari landasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: