Home / Aceh / Inilah Masalah Kesehatan Perlu Ditangani Secara Lintas Sektoral
foto: WOLPhoto/chairul sya'ban

Inilah Masalah Kesehatan Perlu Ditangani Secara Lintas Sektoral

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Puskesmas Cot Girek diskusikan beberapa masalah kesehatan yang perlu ditangani secara lintas sektoral. Itu semua dibahas dalam Lokakarya Lintas Sektor yang kedua kalinya di pertengahan tahun 2018 ini, Senin (30/07).

Diantaranya, masalah kesehatan campak maupun measles rubella atau MR, survei keluarga sehat, masalah pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), imunisasi, dan beberapa program kesehatan yang disampaikan melalui materi oleh Kepala Puskesmas Cot Girek, Dr. Yulia Laila.

Lokakarya kali ini turut mengusung tema “Lindungi Buah Hati Anda Dari Bahaya Penyakit dan Rubella”. Turut dihadiri Muspika Cot Girek, Tim Kesehatan dari Bidan maupun Perawat, Kepala Desa, Kepala Sekolah dari semua tingkatan, dan beberapa sektor lainnya.

Materi yang disampaikan turut menjelaskan bahwa alasan imunisasi Campak-Rubella sangat penting, apalagi Indonesia termasuk wilayah endemik Campak (Measles) Rubella (MR) yang menular dan tumbuh menjadi wabah.

Penyakit semacam ini mudah terinfeksi di kalangan bayi baru lahir maupun Balita, remaja, dan ibu hamil. Sedangkan efek terkena Campak-Rubella ini, kata Yulia, diantaranya radang paru, radang otak, diare, kebutaan bahkan kematian.

“Ini hari kita melaksanakan acara Lintas Sektor tiga bulanan yang kedua, disini kita bahas yaitu permasalahan yang kita temukan di desa-desa wilayah kerja kita disini. Yang pertama masalah yang kita angkat disini yaitu ODGJ yag masih ada dipasung dua orang dan MR yang akan kita laksanakan di bulan Agustus dan September,” kata Yulia kepada Waspada Online.

Sementara mekanisme pelaksanaan Imunisasi MR di Kecamatan Cot Girek rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus yang menyasar di seluruh Sekolahan untuk semua tingkatan, dan dilanjutkan pada September mendatang untuk semua desa di Kecamatan Cot Girek.

“Kepada Geuchik dan seluruh Kepala Sekolah kita harapkan dukungan dari mereka, jadi mungkin ada diantara keluarga yang tidak mengizinkan anak-anak diimunisasi maka dengan ada sosialisasi dan dukungan kita masyarakat yang terlibat di lintas sektor keluarga bisa mau dan anaknya bersedia untuk di imunisasi,” tukas Yulia.(wol/chai/devi)

Editor: SASTROY BANGUN 

Check Also

Tomat Ternyata Bisa Perbaiki Paru-paru Perokok

Waspada.co.id – Sekalipun sudah dinyatakan sebagai bagian dari sayur, namun masih banyak orang yang beranggapan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: