Breaking News
Home / Aceh / Inilah Kronologis Penangkapan Sabu 133 Kg dan 42.500 Ekstasi
WOL Photo
WOL Photo

Inilah Kronologis Penangkapan Sabu 133 Kg dan 42.500 Ekstasi

LHOKSEUMAWE,WOL – Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat, meringkus tiga tersangka yang diduga terlibat dalam peredaran barang bukti narkotika jenis sabu seberat 133 Kg dan 42.500 butir pil ekstasi, Selasa (19/09) dinihari.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui Kabid Humas, Kombes Pol Goenawan, mengatakan ketiga tersangka yang diamankan yakni, inisial BA (40) asal Kecamatan Seuneuddon, Kabupaten Aceh Utara diduga sebagai pengendali barang haram tersebut. Kemudian MS (37) asal Asahan, Sumut, dan MH (38) asal Jeunieb, Kabupaten Bireuen. Tersangka MS dan MH adalah ABK yang diamankan petugaals.

Menurut kronologis penangkapan, saat itu tim gabungan yang terdiri dari BNN Pusat, BNNK Langsa, Bea Cukai Kanwil Provinsi Aceh dan Bea Cukai Lhokseumawe peroleh informasi bahwa akan ada transaksi narkotika besar-besaran, yang dibawa dari Malaysia ke Aceh. Kemudian, tim gabungan melakukan penyelidikan.

“Tim dibagi untuk melakukan patroli monitoring laut di sekitar perairan Idi Rayeuk, Peureulak, Kabupaten Aceh Timur dan penyelidikan di daratan Jota Lhokseumawe hingga Langsa. BNN Pusat yang berada di Lhokseumawe berangkat ke Peureulak bersama-sama dengan Bea Cukai Lhokseumawe,” ujar Goenawan.

Lalu, Tim yang melakukan patroli laut dengan menggunakan kapal Bea Cukai menghentikan kapal yang dicurigai untuk dilakukan pemeriksaan terhadap kapal tersebut. Namun saat diberikan peringatan untuk berhenti, ABK kapal tersebut mencoba kabur ke daratan dan langsung loncat meninggalkan kapal tersebut untuk melarikan diri ke daratan.

Tak sampai di situ, Tim melakukan penggeledahan terhadap kapal tersebut dan menemukan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 133 bungkus atau berat 133 Kg dan 10 bungkus ekstasi dengan isi sekitar 42.500 butir dari kapal yang ditinggal oleh ABK itu. Tim juga melakukan pengembangan mencari ABK kapal yang melarikan diri.

Kedua ABK yang melarikan diri berhasil terpantau tim saat berada di sekitar Mesjid Kuta Binjei, Aceh Timur, dan kemudian dilakukan penjejakan yang saat itu ABK naik ke mobil angkutan L300 dari depan Masjid Kuta Binjei ke arah Lhokseumawe dan tim melakukan pengintaian hingga ke Punteut, Kota Lhokseumawe.

Saat dibuntuti petugas gabungan, MH dan MS bertemu BA di dalam Resto Sasa Nam, Peunteut, Lhokseumawe. Nah, saat sedang melakukan pertemuan tersebut, ketiganya ditangkap oleh petugas. Ketiga orang tersangka ini kata Goenawan, mengakui perbuatannya yaitu berangkat dengan kapal dari Kreung Geukeuh Aceh Utara menuju perairan Malaysia untuk mengambil narkotika, kemudian kembali ke Aceh.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Janda Anak 3 Masuk Bui Edarkan 1 Kg Sabu

MEDAN, WOL – Janda beranak tiga inisial, FTH (37) warga Desa Abuek Tingkeum, Kecamatan Juempa, ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.