Home / Aceh / Inilah Kronologis Pembunuhan Satu Keluarga Etnis Tionghoa di Banda Aceh
foto: Istimewa

Inilah Kronologis Pembunuhan Satu Keluarga Etnis Tionghoa di Banda Aceh

BANDA ACEH, WOL – Ridwan (22), pemuda asal Kabupaten Aceh Jaya ini masih ditahan kepolisian di Banda Aceh atas kasus tindak pidana kriminal pembunuhan yang menewaskan sekeluarga etnis Tionghoa asal Medan, Sumatera Utara. Pengembangan terus dilakukan pihak kepolisian setempat untuk mengungkap kasus tersebut.

Korban tak lain sang majikan, yang ditemukan di sebuah ruko tempat tinggalnya di Dusun Pocut Meurah Inseun Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Senin (08/1) malam. Ketiga korban yang tewas adalah, Tjie Sun alias Asun (48) bersama istrinya Minarti (39), dan seorang putra mereka, Calliestos NG (8).

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Misbahul Munauwar didampingi Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto dalam konferensi pers di Mapolresta Banda Aceh, Selasa (16/01),  menyampaikan pengembangan yang dilakukan pihaknya dan hasil pemeriksaan terhadap tersangka.

Pengakuan tersangka kepada polisi, pertama kali ia memukul Tjie Sun dengan menggunakan kayu balok dan korban pingsan. Tak sampai di situ, di sekitar TKP tersangka mengambil sebilah pisau dapur dan melanjutkan aksi kedua hingga korban terkapar bersimbah darah.

“Lalu tersangka berhadapan dengan istri korban, Minarni. Pada saat itu, korban Minarni baru saja selesai mandi dan sedang keluar dari kamar mandi. Tersangka melakukan aksi yang sama kepada korban kedua (Minarni), saat korban ini menanyakan sesuatu kepada tersangka, ia menusuk korbannya hingga terkapar bersimbah darah,” ujar Misbahul mengutip pengakuan tersangka.

Jasad Minarni ditemukan dalam keadaan tanpa busana, awalnya muncul dugaan pemerkosaan. Namun, Kombes Pol Misbahul mengatakan, sebagaimana pengakuan tersangka bahwa korban tidak diperkosa. “Tersangka mengaku sempat memotong pakaian korban dan sempat berniat memperkosanya, tetapi niat itu ia urungkan,” jelas Misbahul.

Tak sampai di situ, saat aksi itu dilakukan korban ketiga, Calliestos NG yang merupakan putra kedua korban turun dari lantai dua. Sang anak histeri dan menjerit saat melihat ibunya terkapar bersimbah darah, pada saat itu pula tersangka membekap mulut anak kedua korban hingga diperlakukan sama menggunakan pisau dan tewas bersimbah darah.

“Si Anak teriak dan histeris saat turun dari lantai dua, lalu tersangka membekap mulut si anak karena terkejut. Pada waktu itu pula tersangka melakukan hal yang sama terhadap si anak (korban ketiga), maka korbannya ada tiga orang dan mereka satu keluarga,” tambah Misbahul.

Usai melakukan pembunuhan tersebut, tersangka mencuci pisau yang ia gunakan membunuh majikan dan mengambil barang berharga milik korban seperti Handphone, uang tunai Rp14 juta, dan sepeda motor. Lalu, mengunci pintu ruko milik korban hingga kemudian tersangka kabur bersama sepeda motor dan pisau menuju kediaman orangtuanya di Kabupaten Aceh Jaya.

Setibanya di Calang, Kabupaten Aceh Jaya, tersangka menjual dua unit Handphone milik korban yaitu merek Nokia dan Samsung. Setelah sehari di Aceh Jaya, tersangka bergerak menuju Meulaboh dan meletakkan sepeda motor milik korban di salah satu RSUD. Kemudian, menggunakan kendaraan umum menuju Medan, Sumatera Utara.

“Setibanya di Medan tersangka turun di salah satu terminal bus, dan menggunakan kendaraan umum lagi menuju Bandara Kualanamu. Nah, tak lama kemudian Polda Aceh bersama Poldasu dan Polres Deliserdang berhasil mengamankan tersangka yang saat itu bersama temannya, SY,” kata Misbahul.

Dalam kasus ini, Ridwan hanya seorang diri yang melakukan pembunuhan terhadap majikannya. Sedangkan SY yang sempat diamankan bersama dengan tersangka di Bandara Kualanamu beberapa waktu lalu, telah dibebaskan. “Sampai saat ini yang ditahan hanya satu orang, yaitu pelaku itu sendiri, Ridwan,” tukas Kombes Pol Misbahul Munauwar.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pengedar Sabu ‘Diambil’ Dari Rumahnya

MEDAN, Waspada.co.id – Petugas Sat Res Narkoba Polrestabes Medan membekuk pengedar sabu berinisial RL (39) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: