Home / Aceh / Inilah Kesaksian Warga Puting Beliung di Buket Hagu
WOL Photo/chairul sya'ban

Inilah Kesaksian Warga Puting Beliung di Buket Hagu

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah rumah rusak di Patok Dua, Tiga, dan Empat dalam Gampong Buket Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Senin (06/08) sore.

Informasi yang dihimpun Waspada Online, sejumlah rumah rusak pada bagian atap yang sempat melayang ke udara. Puting beliung sore itu datang dari arah Barat ke Timur, warga mengaku sempat mendengar suara gemuruh.

Namun, kekompakan warga setempat melalui gotong royong rumah yang sempat rusak itupun langsung direhab kembali. Warga ramai-ramai mengupayakan agar rumah yang rusak diterjang Puting Beliung dapat kembali didirikan, dan itu berhasil.

Agus Wiyanto (38), warga Patok Tiga yang satu ini tak menyangka jika Puting Beliung menerbangkan rumah bantuan milik Ibunya, Mujinah (55). Rumah dengan tipe 36 miliknya diakui mengalami kerusakan parah, ditambah lagi isi rumah porak-poranda.

Suara gemuruh yang terdengar sangat mengerikan membuatnya keluar dari rumah, dalam seketika atap rumah melayang ke udara dan kemudian jatuh kembali tak jauh dari rumahnya. Usai itu, hujan mengguyur dengan lebat disertai petir dan angin.

“Kejadiannya kemarin sore, saya sempat bilang ke ibu, itu suara hujan kox macam suara banjir. Tak lama kemudian datanglah angin yang langsung menyapu rumah saya, atapnya terbongkar dan melayang ke udara,” ujar Agus menceritakan kronologis, saat ditemui Waspada Online di kediamannya, Selasa (07/08).

Tak sampai disitu, sambung Agus, saat angin mulai menyapu atap rumahnya ia menarik Ibunya untuk diselamatkan dari bencana tersebut yang kebetulan hanya ada ia dan ibunya dirumah saat kejadian. Keduanya panik, tak tau harus berbuat apa selain berdoa agar selamat.

“Sempat panik, ibu sempat panik karena tombak layar rumah seperti mau roboh dan saya tarik ibu ke belakang untuk keselamatan. Tak ada yang kami pikirkan saat itu selain yang terpenting selamat, karena kami hanya berdua dalam rumah ketika kejadian,” tambah Agus.

Pasca kejadian, ia memberitahukannya kepada Kepala Dusun dan RT. Setelah itu warga ramai-ramai datang untuk berupaya mendirikan kembali atap rumahnya yang sempat terbawa angin. “Alhamdulilah ini sudah selesai diperbaiki, hari ini warga datang gotongroyong untuk berpartisipasi,” tukas Agus.

Terkait hal ini Geuchik Gampong Buket Hagu, Giri Saputra, yang ditemui Waspada Online mengaku tidak mengetahui ada rumah warganya yang sempat rusak karena angin. Dirinya baru tiba di lokasi rumah Agus setelah sejumlah Wartawan mengabadikan pasca kejadian tersebut.

“Ga tau saya ada rumah yang rusak akibat angin puting beliung, masyarakat tidak ada yang lapor ke saya kok termasuk Kadusnya. Coba kalau lapor tadinya, mungkin bisa kita urus ke Camat, ya kita taulah jalurnya,” ujarnya sembari menambahkan bahwa ia juga tak tau rumah siapa saja yang sempat rusak.(wol/chai/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

IMAM Temui Komandan Brigif 25/Siwah

LHOKSUKON, WOL – Unsur kepemudaan dan masyarakat dari Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: