Home / Aceh / Inilah Fakta Bencana Banjir di Aceh
foto: Antara

Inilah Fakta Bencana Banjir di Aceh

JAKARTA, Waspada.co.id – Hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Aceh Singkil dan sekitarnya membuat sejumlah sungai di daerah itu meluap dan merendam ratusan rumah warga pada Jumat (12/10) kemarin.

Akibatnya, enam kecamatan di Aceh Singkil terendam banjir. Luapan tersebut merendan kurang lebih ratusan rumah warga di enam kecamatan. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil menyebutkan, kecamatan yang terendam banjir adalah Kecamatan Suro, Singkohor, Simpang Kanan, Kota Baharu, Gunung Meriah, dan Kecamatan Singkil Utara.

“Data yang sudah masuk desa terendam banjir di Kecamatan Rimo seperti Desa Rimo dengan penduduk yang terkena banjir 117 kepala keluarga, Desa Penjahitan 42 kepala keluarga, Desa Cingkam 84 kepala keluarga, Desa Sianjo-anjo 81 kepala keluarga dan Desa Tanah Merah 30 kepala keluarga,” kata Rosiana Kusuma Wardani, salah satu petugas BPBD Aceh Singkil.

Pendataan korban dan jumlah kerusakan masih terus dilakukan oleh oleh BPBD Aceh Singkil. Hingga saat ini belum dipastikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga yang terdampak banjir. Namun, petugas telah menyiapkan sejumlah perahu karet untuk antisipasi evakuasi.

Sebelumnya, banjir juga telah merendam sedikitnya 16 desa di Aceh Utara pada Minggu (7/10) lalu. Tercatat sebanyak 16 desa di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, dilaporkan terendam banjir. Sebelumnya, banjir juga merendam Kecamatan Lhoksukon, Pirak Timu, dan Kecamatan Tanah Luas.

Camat Matangkuli, Zulkifli, mengatakan ketinggian banjir bervariasi dari 80 sentimeter hingga 1 meter. Desa yang terdampak banjir adalah Desa Siren, Hagu, Alue Entoek, Alue Thoe, Teumpok Barat, Lawang, Tanjong Tgk Ali, Pante Pirak, Munje Pirak, Tanjong Haji Muda, Desa Leubok Pirak, dan lainnya.

Selain merendam rumah, banjir juga membuat areal persawahan. Saat itu, banjir membuat Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Pueto dan Krueng Pirak meluap hingga ke rumah warga. (wol/aa/kcm/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Wagubsu: Infrastruktur Rusak Akibat Banjir Segera Diperbaiki

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, mengklaim banjir di wilayahnya telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: