Breaking News
Home / Aceh / Inilah Cerita Warga Taklukkan Buaya di Aceh Timur
WOL Photo
WOL Photo

Inilah Cerita Warga Taklukkan Buaya di Aceh Timur

IDI RAYEUK, WOL – Seekor buaya yang diketahui berjenis kelamin betina pasca penangkapan di Muara Malehan hingga kini masih diamankan di Desa Lhokseuntang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Menurut warga yang ikut dalam menaklukkan buaya tersebut, berhasil dijinakkan pada Selasa (13/02) dini hari, dan berhasil digiring ke darat pada pagi harinya. Untuk penangkapan itu, menggunakan tiga unit boat.

“Kita libatkan sejumlah 13 orang warga menggunakan tiga unit boat untuk mengamankan buaya tersebut, lokasinya dari pesisir sekitar empat kilometer. Proses penangkapan berlangsung sengit, dimana sang buaya terus melawan,” ujar Tgk Rusli, yang disebut-sebut pawang.

Upaya penangkapan buaya dilakukan sebagai bentuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sehubungan kekhawatiran warga selama munculnya buaya. Tak hanya satu, diduga masih ada dua buaya lagi yang sebelumnya tak sengaja terlihat oleh warga.

“Proses penangkapan berlangsung dengan perlawanan yang sangat berat dan akhirnya dapat dijinakkan. Buaya ini kami tangkap hanya untuk memindahkannya ke tempat yang layak agar tidak menganggu warga disini,” ujar Tgk Rusli.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan pihaknya telah menurunkan Tim ke lokasi dan sudah tiba pada Selasa sore. “Tim sudah sampai di lokasi, ada satu staf yang sudah lulus penanganan buaya dan memberikan intruksi penanganan ke masyarakat,” ujar Sapto.

Dijelaskan, buaya betina tersebut memiliki panjang hampir lima meter atau 4,80 meter dengan bobot sekitar 600 kilogram dan lebar 60 cm. Hasil identifikasi buaya ini diperkirakan berusia 70 tahun, dan giginya sudah pada rontok.

Untuk sementara pihaknya belum berhasil mengevakuasi buaya untuk tindakan selanjutnya. “Besok dilakukan upaya persuasif, tim saya juga sudah di lokasi,” tukas Sapto.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Ilham

Persiapan Teladan Jelang Verifikasi

MEDAN, WOL – Seluruh tim kontestan Liga 1 Indonesia tengah gencar-gencarnya mempersiapkan berbagai persyaratan, terutama ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.