Home / Aceh / Inilah Acara Hari Peringatan Anak Yatim Sedunia di Lhoksukon
WOL Photo

Inilah Acara Hari Peringatan Anak Yatim Sedunia di Lhoksukon

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah anak yatim/piatu khususnya Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe dibawah binaan Orphan Kafala Program Pemberdayaan Anak Yatim berkumpul di aula balai Panglateh Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara dalam rangka memperingati Hari Yatim Sedunia Islam dan berbuka puasa bersama, Kamis (31/05).

Kegiatan semacam itu rutin digelar setiap 15 Ramadhan sebagaimana yang telah disepakati negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). Terdapat sejumlah 3.088 anak yatim di wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe dibawah binaan Orphan Kafala Program.

Sedangkan jumlah keseluruhan untuk wilayah Provinsi Aceh meliputi delapan Kabupaten dan Kota tercatat sejumlah enamribu orang.

Selain itu Said Nazar selaku Project Manager Orphan Kafala Program, menyebutkan, para anak yati yang ada dalam catatan pihaknya turut diberikan biaya semacam beasiswa setiap bulannya untuk setiap anak yatim.

“Untuk satu anak yatim setiap bulannya kami sejumlah 24 dollar atau Rp320 ribu yang dikirimkan ke rekening masing-masing. Jadi, untuk Aceh Utara dan Lhokseumawe ada sejumlah 3.088 anak yatim yang kami bina, jumlah keseluruhan untuk Aceh tercatat enam ribuan,” ujar Said.

Selama 15 tahun terhitung sejak tahun 2008 pihaknya mengutuskan satu orang petugas sebagai ayah pengasuh untuk 80 hingga 100 orang anak yatim. Tak hanya itu, pihaknya terus memantau setiap perkembangan anak yatim yang ada dalam catatannya.

“Jadi tugas kita sebagai ayah pengasuh mereka yang juga bertugas memantau setiap saat baik mengunjungi mereka ke rumahnya masing-masing, sekolah, tempat pengajian. Bahkan selama ini kita juga membiayai segala perobatan bagi anak yatim yang sakit, jika sakitnya tidak sembuh diobati dalam negeri maka kita bawa ke luar negeri,” tukas Said.

Program tersebut juga bekerjasama dengan lima Kementerian di Indonesia, diantaranya Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

12 Tim Voli di Pirak Timu Berebut Piala HUT RI

LHOKSUKON,Waspada.co.id – Sejumlah 12 tim bola voli antargampong bersaing memperebutkan Piala HUT RI ke 73 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: