Home / Aceh / Huni Gubuk Pelepah Rumbia, Nek Mun Viral di Media Sosial
(WOL Photo/chairul sya'ban)

Huni Gubuk Pelepah Rumbia, Nek Mun Viral di Media Sosial

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Nek Habsyah, kini usianya 75 tahun. Di sebuah gubuk yang didirikan putra bungsunya ia berjuang untuk bertahan hidup dengan sang putranya itu. Miris, gubuk yang didirikan hanya berdinding pelepah rumbia.

Sebagai penyangga, gubuk yang baru dibangun ini hanya ditopangi batangan pohon pinang. Sedangkan atap, terbuat dari anyaman daunan rumbia. Nek Mun, adalah nama panggilan yang akrab disapa tetangganya.

Nenek renta ini tercatat sebagai warga Dusun Blang Asan Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara. Saat malam tiba, ia sering bermalam disebuah rumah yang dibangun berdampingan dengan rumah anak perempuannya di desa yang sama.

Rumah itupun diakui Nek Mun hanya berukuran tempat tidurnya saja yang didirikan dari sisa – sisa kayu rumah yang ia miliki sebelumnya. Kondisi kayu yang sudah lapuk waktu itu, membuatnya membongkar rumah tersebut sehingga kini memilih menempati ‘istana’ gubuk rumbia.

Diusianya yang semakin renta membuat nenek tiga anak ini tak bisa berbuat banyak. Warga setempat juga saling bahu membahu membantu semampu mereka untuk nenek yang malang itu, ini semua juga diakui Nek Mun saat dikunjungi Waspada Online di kediamannya pada Sabtu (23/09).

“Ada yang beri saya uang, ada juga beri makanan. Terkadang kalau malam atau waktu hujan, saya sering tidur di rumah yang berdampingan dengan Nasriah (anak),” kata Nek Mun dalam bahasa Aceh kepada Waspada Online seraya menunjukkan sisa beras cukup untuk makan tiga hari ke depan.

Tak ada yang istimewa terpampang didalam rumah Nek Mun kecuali alas tidur yang terbuat dari belahan-belahan batang pohon pinang, tidak disertai selimut yang layak dan bantal yang warnanya tak cerah lagi. Kendati, Nek Mun berkeinginan menempati rumah yang layak.

Kisah Nek Mun justeru viral di jejaring media sosial. Hampir mencapai angka seribu yang dibagikan sejumlah pengguna akun media sosial, terutama facebook. Kisahnya ini menarik kepedulian sejumlah pihak, bantuan pun terus berdatangan.

Sejak Minggu (23/09) pagi hingga malam, bantuan datang dari Kodim 0103/Aceh Utara melalui jajarannya dalam hal ini Koramil 20/Cot Girek, disusul Camat Cot Girek Maksum Isa dan Calon Anggota Legislatif dari Partai Aceh, Nasrizal atau Cek Bay. Lalu, bantuan juga datang dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Bantuan yang diberikan juga beragam, mulai dari uang tunai, pakaian, dan sembako. Bahkan, sebagaimana informasi yang diterima Waspada Online, beberapa pihak juga masih sedang mengumpulkan bantuan untuk Nek Mun ini.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapolres Berikan Bantuan di Sejumlah Masjid Belawan

MEDAN, Waspada.co.id – Polres Pelabuhan Belawan memberikan bantuan ke sejumlah masjid di Belawan. Pantauan Waspada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: