Home / Aceh / Hujan, Petir, Angin, dan Banjir Ancam Aceh
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Hujan, Petir, Angin, dan Banjir Ancam Aceh

ACEH, WOL – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Blang Bintang di Aceh Besar, mengimbau masyarakat di Provinsi Aceh agar mewaspadai cuaca ekstrim yang akan terjadi hingga beberapa hari kedepan.

Secara umum, Aceh akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam dua dan tiga hari kedepan yang disertai kilat, petir dan angin kencang. Hal ini sebagaimana disampaikan Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Blang Bintang, Zakaria.

Disebutkan, ada tiga tekanan rendah pemicu cuaca buruk yang menyebabkan akan terjadi hujan di wilayah Aceh. Tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Selatan pulau Jawa mengakibatkan masa udara di Samudera Hindia bagian Barat tertarik ke low pressure, ditambah lagi adanya low pressure di sebelah Selatan Pulau Mentawai yang memperkuat gaya tarik masa udara dari Samudera Hindia bagian Barat.

“Dan juga dengan adanya Low Pressure yang ada di Selatan pulau Mentawai membentuk belokan angin di atas wilayah Aceh yang membuat berkumpulnya uap air sehingga tumbuhnya awan-awan konvektif atau awan CB yang dapat menimbulkan hujan lebat, kilat, petir dan angin kencang,” ujar Zakari kepada Waspada Online, Senin (27/11).

Dengan keadaan tersebut, ditambah lagi Aceh mulai memasuki puncak musim hujan maka pihaknya dari BMKG memberikan ‘warning’ secara umum bahwa Aceh perlu mewaspadai bencana banjir untuk daerah dataran rendah dan daerah DAS, di samping itu bahaya sambaran petir juga harus diwaspadai.

“Sedangkan untuk daerah dataran tinggi atau daerah lereng, harus waspadai akan terjadinya tanah longsor. Kemudian dengan adanya peningkatan kecepatan angin yang terjadi tiba-tiba dalam waktu singkat dan sangat merusak bisa mencapai 80 km/jam. Bahkan bisa di atas itu ketika akan terjadi hujan maka bisa meningkatkan tinggi gelombang yaitu antara 1 – 2,5 m untuk pesisir Barat selatan,” tukas Zakaria.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pohon Tumbang Timpa Lima Mobil di Ngumban Surbakti

MEDAN, Waspada.co.id – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Kamis (5/7) sekira jam 19.00 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: