_
Home / Aceh / HAB Ke-73 Kemenag: Kepedulian Terhadap Korban Bencana Alam
WOL Photo/Bustanuddin

HAB Ke-73 Kemenag: Kepedulian Terhadap Korban Bencana Alam

BLANGKEJEREN,Waspada.co.id – Peduli Bencana yang marak terjadi di beberapa wilayah busantara, menjadi makna pada Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama, di Kabupaten Gayo Lues yang terlaksana di Lapangan Pancasila, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Kamis (3/1).

Dalam Amanat Menteri Agama RI yang disampaikan Wakil Bupati Gayo Lues H. said Sani mengatakan, di hari bersejarah ini hendaknya tetap dalam kesederhanaan, keprihatinan, dan kepedulian untuk membantu sesama, korban bencana alam di beberapa wilayah, seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung.

“Sebagai rakyat dan bangsa Indonesia, merupakan satu kesatuan dalam perjuangan, dalam sukacita maupun dalam keadaan berduka,” sebut Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada HAB ke-73 Kementerian Agama di Kabupaten Gayo Lues.

Mengingat sejarah pada tujuh puluh tiga tahun silam, pada 3 Januari 1946 Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat negara dan pemerintahan dalam bingkai Kesatuan Republik Indonesia.

Dijelaskan, pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa, guna untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan dan keagamaan di tengah masyarakat.

Juga menjaga agar tetap terbina kerukunan hidup antar umat beragama, untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama bagi segenap masyarakat Indonesia.

Secara formal, bangsa Indonesia tidak berdasar pada satu agama tertentu, akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan beragama merupakan sebuah keharusan sesuai konstitusi yang ditetapkan. “Dan keberhasilan pembangunan umat beragama menjadi penentu bagi kemajuan bangsa ini,” jelasnya. (wol/bus/data1)

Editor: M Agus Utama

Check Also

Kunjungan UAS dan ‘Negeri Seribu Hafidz’ Gayo Lues

Oleh: Bustanuddin Waspada.co.id – Tak pelak lagi, kedatangan Ustadz Abdul Somad Lc MA, ke ‘Negeri ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.