_
Home / Aceh / Gubernur Resmikan Gedung LAN Aceh

Gubernur Resmikan Gedung LAN Aceh

BANDA ACEH, WOL – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah meminta Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh maupun yang ada di Sumatera agar memanfaatkan keberadaan PKP2A LAN di Aceh sebagai mitra strategis dalam melaksanakan berbagai program kegiatan, sehingga program reformasi birokrasi lebih terarah dan memberi hasil yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Gubernur saat meresmikan penggunaan gedung baru Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) IV Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jalan TM Hasan, Darul Imarah, Aceh Besar, Kamis (23/4).

“Kami menyambut dengan senang hati dan berharap memberi daya dorong bagi peningkatan kinerja PKP2A LAN Aceh, yang kemudian menjadi contoh ke seluruh jajaran pemerintahan di Aceh sehingga pola kerja dan kualitas pelayanan publik akan lebih meningkat,” kata Zaini Abdullah.

Pria yang akrap disapa Doto Zaini ini berharap, kehadiran gedung baru itu, yang dilengkapi ruang pelatihan dan berbagai fasilitas kerja lainnya dapat menghadirkan semangat baru bagi Pemerintah Aceh untuk berbenah sehingga menjadi teladan bagi administrasi pemerintahan yang baik di Sumatera.

“Kehadiran gedung ini juga diharapkan semakin mendorong lahirnya berbagai inovasi dalam bidang administrasi negara,” tandasnya.Dalam momen tersebut, Zaini juga melakukan penanaman pohon dihalaman gedung baru yang luas itu.

Doto mengingatkan, para pejabat di lingkungan PKP2A LAN Aceh untuk bekerja maksimal, apalagi PKP2A LAN yang berkedudukan di Aceh ini memiliki wilayah kerja yang mencakup seluruh Sumatera. Ini tentu saja memerlukan pengelolaan yang lebih intensif dan serius dalam melaksanakan kegiatan pelatihan dan pembelajaran.

Gubernur Zaini Abdullah juga menghimbau kepada seluruh jajaran SKPA agar membangun komunikasi dan koordinasi dengan PKP2A LAN Aceh, sehingga bisa meningkatkan kualitas sistem administrasi pemerintahan.

Ketua LAN Republik Indonesia, Agus Dwiyanto mengatakan,  peresmian kantor baru ini merupakan momen yang sangat penting dan bersejarah, sebab gedung tersebut dalam waktu dekat akan digunakan sebagai pusat diklat wilayah Sumatra. “Pada tahun ini, PKP2A IV akan di berikan mandatuntuk menyelengarakan diklat yang akan di ikuti oleh SKPD dari seluruh sumatera,” urainya.

Menurut Agus Dwiyanto, gedung PKP2A LAN Aceh merupakan gedung terbaik yang ada di Indonesia. “Keberadaannya diharapkan menjadi salah satu pusat pelatihan di Indonesia terutama di wilayah Sumatera. Dengan dukungan Gubernur dan juga Pemerintah Aceh saya yakin tugas tugas yang di berikan kepada PKP2A bisa dilaksanakan dengan lancar,” imbuh Prof. Dwiyanto. Ia juga mengajak aparatur Pemerintahan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kapasitasnya dengan melakukan pelatihan pelatihan dan kajian di bidang administrasi Negara.

Sementara itu, Kepala PKP2A IV LAN Aceh, Faizal Adriansyah melaporkan, gedung baru berlantai 4 itu selesai dibangun pada tahun 2014 lalu dengan dana APBN. Dibangun diatas lahan seluas 2, 5 Ha yang merupakan hibah Pemerintah Aceh.

Adapun fasilitasnya terdiri dari; gedung administrasi 2 lantai, gedung diklat 4 lantai, asrama I dengan 23 kamar dan asrama II dengan 40 kamar. “PKP2A IV ini juga dilengkapi dengan auditorium, masjid serta lingkungan hijau yang asri,”nya.

Dalam kesempatan itu, PKP2A juga akan melakukan penandatanganan MoU kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala dan UIN Ar Raniry Banda Aceh. PKP2A IV merupakan perpanjangan tangan LAN, dengan wilayah kerja Sumatera yang meliputi 10 Provinsi yaitu; Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauaan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung.(wol/data1)

Penulis: HENDRO KOTO
Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

3 Kali Dapat WTP, Kemendagri Tak Menyangka Gubernur Aceh Diciduk KPK

  JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak menyangka Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.