_
Home / Aceh / Gubernur: 2017, Singkil Bebas Terisolir
foto: Waspada

Gubernur: 2017, Singkil Bebas Terisolir

SINGKIL, WOL – Penerobosan jalan Singkil tembus Kuala Baru dan Kuala Baru-Buloh Sema Trumon Aceh Selatan merupakan akses yang akan membebaskan Kabupaten Aceh Singkil dari isolasi.

Sudah hampir 17 tahun warga di wilayah tersebut hanya mengandalkan transportasi perahu melalui Bandar Sampik (saluran air sempit) untuk keluar masuk menuju ibu kota Singkil ke kawasan Kecamatan Kuala Baru.

Gubernur Aceh, H Zaini Abdullah, berjanji merampungkan proyek pembangunan jembatan penghubung Singkil-Kuala Baru yang menjadi impian 2.500 warga di sana, dan ditargetkan 2017 sudah bisa dinikmati masyarakat.

Gubernur menyatakan hal itu saat kunjungan kerja ke Bumi Sekata Sepekat baru-baru ini. Pada kesempatan itu, Zaini sekaligus menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pesantren Darul Marhamah, Desa Suka Makmur.

Selanjutnya, pemasangan patok penetapan pembangunan tanggul di Kampong Tanah Merah danmpeletakan batu pertama pembangunan Pesantren Darul Marhamah di Kampong Sangga Beru, Kecamatan Gunung Meriah. Zaini juga membantah jika Pemerintah Aceh tidak serius melanjutkan pembangunannya.

Insha Allah pembangunan jembatan kita selesaikan tahun ini. Saya akan berdiri di depan untuk menjamin pekerjaan ini rampung,” ucapnya.

Dia mengatakan pembangunan jembatan sekaligus jalan tembus Kuala Baru-Bulusema Aceh Selatan akan menjadi prioritas untuk 2017 melalui pembiayaan APBA, yang akan menelan biaya Rp70 miliar.

“Akan diprioritaskan pada 2017. Ini cara untuk memerdekakan masyarakat Singkil dari isolasi,” ucapnya.

Untuk 2016 dianggarkan Rp30 miliar dilanjutkan 2017 mendatang. Zaini menambahkan tahun ini fokus menyelesaikan jalan dan tahun depan pembangunan jembatan. Kalau tidak selesai nanti, saya naik lagi menyelesaikannya,” ujarnya.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

SMSI Sumut Intensifkan Komposisi Pengurus Periode 2019-2024

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah pemilik media online telah mengintensifkan pembentukan pengurus Serikat Media Siber Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.