_
Home / Aceh / Genderang Rapa’i Tanda Deklarasi Kampanye Damai Aceh Utara Dimulai
WOL Photo/chairul sya'ban

Genderang Rapa’i Tanda Deklarasi Kampanye Damai Aceh Utara Dimulai

LHOKSUKON, WOL– Genderang Rapa’i secara resmi telah membuka Deklarasi Kampanye Damai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara periode 2017 dalam rangka Pemilihan Calon Kepala Daerah. Deklarasi ini berlangsung di aula Gedung Olahraga (GOR) Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (13/11).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Aceh Utara, Drs. H. Muhammad Jamil MKes sangat berharap proses keberlangsungan Pilkada 2017 khususnya di Aceh Utara dapat berjalan dengan baik dan aman. Kepada seluruh peserta Pilkada juga diminta untuk tetap menjaga kedamaian dalam Pilkada tersebut.

“Terimakasih kepada KIP Aceh Utara yang telah membuka acara Deklarasi Kampanye Damai seperti ini. Maka oleh karena itu, saya sebagai Plt Bupati Aceh Utara mengajak semua pihak untuk menjaga Pilkada yang damai ini. Mari kita sukseskan Pilkada Damai ini, semoga peserta Pilkada dapat menjalankan suasana Pilkada dengan damai,” harapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Deklarasi Kampanye Damai seharusnya jangan berhenti pada hari ini saja. Akan tetapi kalau bisa tetap terus dipelihara, sebab hal ini menurutnya adalah sangat penting demi menjadikan suasana yang aman kondusif. Soal kalah atau menang, kata dia, merupakan hal yang biasa dan jagan menjadi suatu hal yang bertentangan.

“Pada prinsipnya, pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai ini harus dijalankan sesuai apa yang telah kita lakukan hari ini demi berjalannya Pilkada yang damai. Kita juga Optimis bahwa Pilkada 2017 khususnya di Aceh Utara berjalan dengan aman, damai, dan tertib, itu yang kami harapkan,” ujarnya kembali.

Sementara itu Ketua Komisi Indpenden Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh, Ridwan Hadi menyebutkan, pada hari ini pihaknya mencatat salah satu sejarah dalam Pilkada Aceh, yang mana pertemuan dalam deklarasi kampanye damai ini bukan semata-mata inisiatif dari penyelenggara akan tetapi juga merupakan hasil Koordinasi dari Unsur Forkopimda dan calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara.

“Saya yakin dengan hadirnya para calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara dalam deklarasi kampanye damai ini pada hari ini maka Pilkada Aceh Utara berjalan dengan damai. Kemudian kepada peserta Pilkada, hendaknya agar menyampaikan informasi kepada masyarakat lewat alat peraga yang dipasang dengan bahasa yang sopan dan santun,” harapnya.

Amatan Waspada Online dilokasi, deklarasi damai turut dihadiri para calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara mulai dari nomor urut satu hingga empat, baik Partai Aceh, Koalisi Partai Nasional, dan Jalur Perseorangan atau Independen. Di akhir acara, para pasangann calon turut melepaskan balon gas ke udara dan burung merpati sebagai bentuk kedamaian dalam Pesta Demokrasi 2017.

Hadir dalam acara itu diantaranya Plt Bupati Aceh Utara, Kapolres Aceh Utara, Danlanal Lhokseumawe, Ketua KIP Provinsi Aceh, Ketua KIP Aceh Utara, Para Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara, dan unsur Forkopimda Aceh Utara lainnya. Acara deklarasi pun berlangsung dengan aman, damai dan tertib dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian Polres Aceh Utara. (wol/chai/data3)

适适

Editor: Agus Utama

Check Also

Bawaslu Temukan Dugaan Pelanggaran di Deklarasi Kampanye Damai

  JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan adanya dugaan pelanggaran oleh Komisi Pemilihan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.