_
Home / Aceh / Genap Dua Tahun, Amin-Zainal Sukses Membangun Banda Aceh
WOL Photo/Ist

Genap Dua Tahun, Amin-Zainal Sukses Membangun Banda Aceh

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Tepat tanggal 7 Juli 2019 lalu, pemerintahan Aminullah Usman dan Zainal Arifin berusia dua tahun.

Dengan anggaran kota yang hanya Rp 1,3 Triliun, Amin-Zainal harus bekerja ekstra mendatangkan investor dalam dan luar negeri untuk membangun Banda Aceh.

Banyaknya PR yang ditinggalkan oleh rezim terdahulu membuat Amin-Zainal harus start kencang usai dilantik Irwandi Yusuf pada 7 Juli 2017.

WOL Photo/Ist

Puluhan tahun, rakyat Banda Aceh menderita akibat pasokan air bersih yang tak kunjung lancar. Padahal pasca tsunami, ratusan triliun uang masuk ke Banda Aceh.

Seandainya rezim saat itu berpikiran cerdas, maka instalasi air bersih di Banda Aceh akan menjadi yang terbaik di seluruh Indonesia, berkat negara-negara donor yang saling rebutan membantu Banda Aceh.

Lihat saja, bagaimana Jepang turut membantu rehabilitasi PDAM Tirta Daroy, namun akibat kurang pedulinya rezim saat itu kepada masalah air bersih, saat negara donor meninggalkan Aceh, masalah air bersih pun kembali mencuat.

Usai tsunami, hampir 99 persen pembangunan Banda Aceh diambil alih oleh BRR dan LSM. Dengan uang yang melimpah ruah, pemerintahan saat itu terlena membangun hal-hal yang tidak urgensi.

Kini, 15 tahun pasca tsunami, Banda Aceh hanya mengandalkan PAD dari sektor jasa, karena tidak ada lahan untuk industri besar disini.

Aminullah Usman menjemput langsung investor ke Jakarta. Pengusaha muslim papan atas, Chairul Tanjung berhasil digaet oleh Aminullah untuk menanamkan investasi hampir Rp 1 triliun di Banda Aceh.

Chairul Tanjung berencana membangun pusat perbelanjaan terbesar di Banda Aceh dan menyerap sedikitnya 5000 tenaga kerja dari berbagai sektor.

Hal ini akan berdampak luas pada menurunnya angka pengangguran di Banda Aceh. Sebelum dilantik, ada 12 persen pengangguran di Banda Aceh, namun saat ini sudah menurun jauh hingga 7 persen.

Dipastikan saat beroperasinya pusat perbelanjaan terbesar di Aceh nanti, pengangguran akan turun dibawah 5 persen, menjadi yang terendah di seluruh Aceh, bahkan untuk luar Jawa dan Bali.

Check Also

Wali Kota Menjawab: Media Mitra Penting Pemerintah

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebut media sebagai mitra penting ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.