Home / Aceh / Gelapkan Motor, 2 Mantan Debt Kolektor Dibekuk
WOL Photo/Chairul Sya'ban

Gelapkan Motor, 2 Mantan Debt Kolektor Dibekuk

LHOKSEUMAWE, Waspada.co.id – Dua pria inisial Z alias ZRU dan S alias Heri yang keduanya merupakan warga asal Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh, diamankan Kepolisian Sat Reskrim Polres Lhokseumawe.

Keduanya diamankan atas tindak pidana penggelapan sepeda motor yang terjadi di wilayah hukum Polres Lhokseumawe. Berawal adanya laporan dari masyarakat bahwa dua orang itu mengaku sebagai debt kolektor. Namun padahal, kedua orang ini sudah delapan bulan tak lagi bekerja.

Keduanya diduga melakukan penarikan paksa satu unit sepeda motor jenis Yamaha Mio Soul di jalan umum yang sedang dikendarai pemiliknya, Maimunah, pada Sabtu (18/08) sore tepatnya di Jalan Medan Banda Aceh, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, mengatakan setelah adanya laporan masyarakat pihaknya kemudian melakukan penyelidikan sehingga pada tanggal 29 Agustus 2018 dilakukan penangkapan terhadap keduanya.

“Selanjutnya dilakukan pengembangan terhadap kedua tersangka dan dari pengembangan tersebut diketahui keduanya telah beberapa kali melakukan penarikan terhadap unit sepeda motor yang menunggak kredit,” terang Kapolres melalui Kasat Reskrim, Iptu Rizki Adrian dalam Konferensi Pers, Senin (03/09).

Tak sampai di situ, lanjutnya, kedua pelaku ini tidak menyerahkan sepeda motor kepada perusahaan yang mereka tarik, malahan menggadaikan dan menjualnya.

“Untuk hasil pemeriksaan sementara, keduanya menarik paksa unit sepeda motor tersebut karena ingin menguasai dan kemudian menggadaikan serta menjual sepeda motor untuk menghasilkan uang,” tambah Kasat Reskrim.

Pelaku sebelumnya adalah tipe L yang mempunyai data-data sepeda motor yang menunggak kredit sehingga keduanya mengetahui sepeda motor mana saja yang menunggak kredit yang kemudian melakukan penarikan unit sepeda motor menunggak kredit yang telah lama meninggal di atas 5 bulan.

Adapun dalam kasus ini petugas turut mengamankan barang bukti berupa sepeda motor. Bagi masyarakat yang terkait dengan sepeda motor tersebut dapat datang ke Polres Lhokseumawe berkoordinasi dengan penyidik untuk penyelesaian kendaraan dimaksud.

Adapun diantaranya jenis Honda Vixion warna hitam nosin 3C1-564865, Honda Vario 150 warna hitam No Sin KF1E2064412, Honda Vario 125 warna merah nosin JFJ1E-1020713, Honda Supra X 125 warna hitam mesin JB91E-3533244.

Honda Vario 125 warna putih nosin JFB1E-1292387, Suzuki Satria F Nodin G420-ID265469, Honda Beat warna putih nosin JFZ1E-2341715, Yamaha Mio Soul warna hitam nomor mesin 14D-636763. (wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Abang Kandung Tewas Ditangan Adiknya

LHOKSEUMAWE, Waspada.co.id – Baihaqi (29), asal Desa Kambam Kecamatan Muara Satu, Kabupaten Aceh Utara meninggal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: