Breaking News
Home / Aceh / Gajah Mati Kena Tembak Ditemukan di Aceh
WOL Photo/Chairul sya'ban

Gajah Mati Kena Tembak Ditemukan di Aceh

TAKENGON, WOL – Kematian satwa liar dilindungi jenis gajah kembali ditemukan di Provinsi Aceh tepatnya di Dusun Payalah Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah. Lagi-lagi bangkai gajah jantan yang ditemukan itu mati dalam kondisi gading sudah hilang.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan bangkai gajah pertama kali ditemukan tak sengaja oleh salah seorang warga setempat pada titik koordinat N. 04 51 51,9 dan E. 086 40 46,0 di Kecamatan Ketol pada Senin (17/07). Warga tersebut kemudian melaporkannya kepada perangkat desa dan kepolisian setempat.

“Kematian gajah diperkirakan sudah lebih dari tiga minggu. Bangkai gajah jantan yang berusia sekitar 40 tahun itu ditemukan dalam kondisi gading hilang, kepala terbelah dan diduga sengaja untuk diambil gadingnya. Tak hanya itu, pada tulang tengkoraknya juga ditemukan lobang bekas tembakan,” ujar Sapto kepada Waspada Online, Rabu (19/07).

BKSDA Aceh dalam hal ini melalui Conservation Response Unit (CRU) Peusangan turun, untuk mengecek ke lapangan setelah menerima laporan tersebut dan mengambil dokumentasi untuk membuat berita acara serta membuat laporan polisi ke Polres Aceh Tengah melalui laporan nomor : LP B/88/VII/2017/SPKT.

Lokasi tempat kejadian kata Sapto, saat ini telah dibatasi dengan garis polisi (police line) dan pihak Polres Aceh Tengah telah memulai melakukan penyelidikan kasus kematian gajah yang hilang gadingnya itu. Pihak BKSDA Aceh juga siap melakukan autopsi sesuai arahan dari Polres Aceh Tengah untuk mengetahui penyebab pasti kematian gajah.

“BKSDA Aceh sangat berharap kasus kematian gajah di Aceh Tengah yang hilang gadingnya itu dapat segera terungkap untuk memberikan efek jera kepada para pelaku. Dikhawatirkan kejadian ini merupakan kesengajaan dalam upaya mendapatkan gading gajah yang kemudian terhubung dengan sindikat perdagangan gading, sehingga jika tidak terungkap dikhawatirkan akan dapat terulang lagi di kemudian hari,” pungkas Sapto.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pemprov Aceh Siapkan Bantuan Hukum Untuk Irwandi Yusuf

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan, Pemerintah Aceh sedang mempelajari landasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: