Home / Aceh / Debu Erupsi Gunung Sinabung Sampai ke Aceh Utara
WOL Photo/Chairul sya'ban

Debu Erupsi Gunung Sinabung Sampai ke Aceh Utara

LHOKSUKON, WOL – Debu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meluas hingga ke beberapa kabupaten maupun kota di Provinsi Aceh. Warga mulai merasakan adanya abu tebal sejak sekira pukul 19.30 WIB, Senin (19/02).

Salah satu terpantau Waspada Online, debu vulkanik tampak selimuti pusat Ibukota Aceh Utara di Lhoksukon. Termasuk kecamatan lainnya seperti Cot Girek, Tanah Jambo Aye, Matangkuli, Pirak Timu bahkan Kota Lhokseumawe.

“Sangat jelas kelihatan debunya, apalagi kalau terpantau dengan cahaya senter atau kendaraan. Saya juga sudah bagikan sejumlah masker untuk warga di Lhoksukon demi pencegahan di sini,” ujar Ketua KNPI Kecamatan Lhoksukon, Muhammad Reza Fahlevi.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kecamatan Cot Girek. Menurut laporan Ketua Ikatan Masyarakat Aceh Membangun (IMAM), Safrijal, Abu Vulkanik mulai parah terjadi sekira pukul 21.00 WIB. “Debunya terlihat jelas, ini saya sedang memantau perkembangan,” ujar Safjal.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara turut memantau ke salah satu titik debu vulkanik di Kecamatan Lhoksukon.

“Hampir semua Kecamatan di Aceh Utara malam ini diselimuti debu asal erupsi Gunung Sinabung,” demikian Danru Rescue BPBD Aceh Utara, Darsa, kepada Waspada Online.

Sementara itu Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Besar, Zakaria, mengatakan letusan Gunung Sinabung sudah sampai ke Aceh bahkan sudah memasuki Aceh Utara. Menurutnya hal ini memang mungkin terjadi karena letusan Gunung Sinabung kali ini tergolong letusan yang dahsyat.

“Di samping itu juga bila dilihat dari pergerakan angin maka mungkin sekali debu vulkanik bisa mencapai ke Aceh Utara sebab bila dilihat arah angin udara atas pada ketinggian 5000 meter arahnya dari tenggara dengan kecepatan antara 5 – 30 km/jam,” ujarnya saat dikonfirmasi Waspada Online.

Dalam hal ini pihaknya turut mengimbau agar warga dapat menggunakan masker serta helm bila bepergian dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda tiga untuk menghindari masuknya debu ke hidung dan mata.

Dari pantauan Waspada Online, hingga pukul 23.55 WIB, kondisi debu vulkanik Sinabung masih berlangsung dan belum ada tanda-tanda normal kembali. Kendati demikian, warga juga menggunakan masker untuk mencegah akan terjadinya dampak kesehatan.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gubernur Sumut Tambah Belanja Sektor Riil

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: