Home / Aceh / Danrem Teken Nota Kesepakatan Perluasan Sawah Baru
WOL Photo/Chairul sya'ban

Danrem Teken Nota Kesepakatan Perluasan Sawah Baru

TAKENGON, WOL – Selain menargetkan perluasan cetak sawah di Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Tamiang, Korem 011/Lilawangsa bersama Pemerintah Kabupaten, juga menargetkan program yang sama di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, dalam hal ini mengajak pemerintah setempat saling meningkatkan dan mensukseskan Swasembada Pangan Nasional Tahun 2017 untuk masyarakat.

Pihaknya juga telah menandatangani nota kesepakatan rekontruksi cetak sawah tahun 2017 dengan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Aceh Tengah dan Kontaktor Pelaksana di Aula Makodim setempat, Jumat (21/07).

Sebagai Kepala Pelaksana Kegiatan (Kalakgiat), Danrem juga menyampaikan Instruksi dari Presiden Joko Widodo pada saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) di Kalimantan Tengah. Yang mana dalam Rapim itu bahwa saat ini TNI agar dapat membantu dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional.

“Hal ini lantas ditanggapi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono, dan ditindak lanjuti hingga terjalinnya kerjasama antara TNI dan Kementerian dalam meningkatkan Ketahanan pangan. Saat ini kita sudah menyepakati bahwa apabila cetak sawah sudah selesai 5 hektar akan kita laksanakan berita acara serah terima,” ujar Danrem.

Ditambahkan, lahan sawah tersebut dapat digunakan oleh masyarakat. Maka diharapkan kepada Bupati Aceh Tengah dan Bener Meriah agar dapat mendukung pelaksanaan guna mensukseskan Ketahanan Pangan Nasional.

Dijelaskan Danrem, luas lahan yang ditargetkan akan dicetak sawah baru seluas 487 hektar, diantaranya di Kabupaten Aceh Tengah seluas 120 hektar, dan di Kabupaten Bener Meriah seluas 367 Hektar. Nantinya akan ditangani oleh Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Didit Hari Prasetyo sekaligus bertugas sebagai Kepala Pelaksana Lapangan (Kalaklap).

“Kita dari TNI siap melaksanakan amanah yang telah diberikan Rakyat. TNI khususnya prajurit Kodim 0106/Aceh Tengah dan Bener Meriah siap membantu Pemerintah Daerah dalam mensukseskan Swasembada Pangan walaupun kegiatan ini yang pertama kali dilaksanakan di wilayah Kodim Aceh Tengah/Bener Meriah,” tambahnya.

Penandatangan nota kesepakatan Cetak Sawah tahun 2017 itu turut disaksikan oleh Bupati Aceh Tengah Ir Nasaruddin MM, Bupati Bener Meriah Ahmadi SE, Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah Letkol Inf Didit Hari Prasetyo, Kasiter Rem 011/LW Letkol Inf Yogi Bahtiar S.Kom Mba, Kapolres Bener Meriah, dan Kapolres Aceh Tengah.(wol/chai)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Afsel Tuntut Trump Jelaskan Cuitan Soal Penyitaan Tanah

JOHANNESBURG,Waspada.co.id — Afrika Selatan menuduh Presiden Donald Trump menghasut ketegangan antar setelah dia mengatakan petani-petani ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: