Home / Aceh / Dandim 0113/Gayo Lues Bagikan Alat Belajar ke Pedalaman Lesten
Dandim 0113 Gayo Lues Letkol Inf M. Faisal Nasution, beserta sejumlah prajurit TNI, saat tiba di Pedalaman Lesten, Selasa (27/3) dan membagikan sejumlah alat belajar kepada para murid. (WOL Photo/Bustanuddin)

Dandim 0113/Gayo Lues Bagikan Alat Belajar ke Pedalaman Lesten

BLANGKEJEREN, WOL – Lesten adalah nama sebuah desa terpencil di pedalaman Aceh. sebuah perkampungan penduduk daerah tertinggal tepatnya di Kabupaten Gayo Lues, Kecamatan Pining yang berbatasan dengan pedalaman Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

Lesten selama ini dikenal sebagai daerah penghasil kayu alim (candan), sarang Burung Walet yang berkualitas ekspor dan sungai Lesten yang bermuara ke Tampur Kuala Simpang dikenal dengan spesies ikan jurungnya (tor tambroides).

Di samping potensi alam  yang sangat subur dan kaya, rimba Lesten juga menjadi habitat bagi mamalia terbesar di Indonesia yaitu Gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus). Puluhan spesies burung-burung langka seperti Cempala Kuneng, Murai Batu (copsychus malabaricus), Jalak Suren (sturnus contra), Beo Aceh, Kepodang, Kutilang, Kacer, Cica Daun, Cucak Rawa serta Jalak Kerbau, yang sudah direkomendasi menjadi satwa yang dilindungi oleh Pemerintah Aceh dan BKSDA.

Ikan-BesarDandim 0113/Gayo Lues, Letkol Inf Muhammad Faisal Nasution SIP beserta Danramil 05/Pining, Lettu Inf Budiman Sitinjak serta para prajurit TNI lainnya sampai di pedalaman Lesten sekira pukul 11.35 WIB pada Selasa (27/3). Dengan membawa sejumlah alat-alat belajar seperti buku tulis, buku gambar, pensil, rautan, penghapus dan penggaris.

Alat belajar tersebut diberikan kepada sejumlah  siswa-siswi SDN 8 Lesten dan SMP 1 Atap, yang hanya berjumlah puluhan orang dengan segala keterbatasannya.

Kedatangan sejumlah prajurit TNI tersebut, disambut meriah dan antusias oleh masyarakat, guru maupun para siswa-siswi SMPN 1 Atap dan siswa-siswi SDN 8 Lesten. Di wajah mereka terpancar kegembiraan karena daerah pedalaman jarang dikunjungi tamu dari luar.

Letkol Inf M Faisal Nasution menyampaikan kepada seluruh pelajar agar tetap rajin belajar, tuntut ilmu setinggi-tingginya serta juga harus memiliki kepedulian, kecintaan terhadap tanah air, menjaga kelestarian alam dan lingkungan. “Apalagi Lesten mempunyai potensi alam yang sangat kaya dengan flora dan fauna,” jelas Dandim.

Sekdes Lesten Safaruddin, mewakili para murid dan guru relawan, mengucapkan terima kasih kepada TNI  atas wujud perhatian di dalam dunia pendidikan yang mempunyai tujuan mulia yaitu untuk memerdekakan anak-anak pedalaman dari buta aksara dan dapat maju mengejar saudara-saudaranya yang berada di kota-kota besar.

“Dengan segala keterbatasan yang dihadapi, bukan suatu halangan untuk menuntut ilmu, agar  pengetahuan dan wawasan yang didapat nantinya bisa dipergunakan untuk memajukan daerah Lesten,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga menyempatkan diri untuk tanya jawab dengan para murid, serta menyaksikan proses belajar mengajar, dengan dibantu Serda Maradona, Babinsa Koramil Pining, yang merangkap sebagai guru sukarelawan di Lesten. (wol/bus/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Bulog Salurkan Beras Busuk, Bupati: Usut Pengadaan Bansosrastra Gayo Lues

BLANGKEJEREN, WOL – Diduga Bulog Sub Divre Kutacane, Gudang Gayo Lues menyalurkan ratusan ton beras ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: