Home / Aceh / Dandim 0113/Galus Minta Pembakar Hutan Diproses Hukum
Anggota Kodim 0113 Gayo Lues di bawah Komando Danramil Blangkejeren, Kapten Inf Darno, saat melakukan koordinasi dengan Geuchik Agusen, menyikapi terbakarnya puluhan hektar lahan dan hutan di wilayah tersebut, Kamis (21/6). (WOL Photo/Bustanuddin)

Dandim 0113/Galus Minta Pembakar Hutan Diproses Hukum

GAYO LUES, Waspada.co.id – Komandan Kodim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution SIP mengimbau sekaligus mengharapkan seluruh masyarakat Gayo Lues, agar tidak ada lagi yang membuka lahan dengan cara membakar dan atau dengan sengaja membuang puntung rokok sembarangan di semak belukar, baik di Kebun sendiri maupun di Hutan.

Hal tersebut disampaikan Dandim kepada masyarakat dalam pernyataan persnya kepada Waspada.co.id, dan juga melalui Danramil jajaran Kodim 0113 maupun Babinsa yang ada di wilayah hukum masing-masing, Kamis (21/6).

WOL Photo/Bustanuddin

Dalam pernyataannya, Dandim juga menegaskan sanksi hukum yang tegas bagi pembakar lahan dan hutan. Hal ini dilakukan demi menyelamatkan ekosistem hutan yang rusak akibat pembakaran tersebut.

Menyikapi terbakarnya beberapa hektar lahan masyarakat di Desa Agusen sejak Rabu (20/6), melalui Danramil 03/Blangkejeren Kapten Inf Darno, pada saat mengecek kebakaran lahan tersebut, Dandim 0113 menegaskan, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. “Karena ini cara yang salah, meskipun sebagian masyarakat menganggap cara ini lebih cepat dan mudah,” ujarnya.

“Bagi pelaku pembakaran lahan dan hutan akan dikenakan sanksi Hukum, hal tersebut tercantum dalam pasal 78 Ayat 3 UU No. 34 Tahun 1999, Tentang Kehutanan dengan ancaman pidana 15 tahun penjara,” tegasnya.

Pada kesempatan lain, saat acara Halal Bihalal di Makodim 0113 Gayo Lues, Letol Inf M Faizal Nasution juga meminta kepada personilnya untuk mencari pelaku pembakar lahan yang dilakukan dengan sengaja. “Supaya bisa kita mintai keterangan dan kita serahkan kepada pihak yang berwajib,” tegas Dandim.

“Dalam beberapa hari ini saat suasana lebaran kita disibukkan dengan beberapa titik hotspot yang terpantau oleh satelit Lapan-A2 (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) yang terpantau di Kabupaten Gayo Lues. Kita meminta kesiagaan dan kesigapan Pemda Gayo Lues melalui Unit Damkar-nya, agar lebih aktif untuk membantu kita di lapangan memadamkan api tersebut,” harapnya.

Dikatakan, peristiwa yang sudah terjadi bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak. Kepada lapisan masyarakat Gayo Lues diharapkan lebih peduli untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan. “Kalaupun ada wilayah yang sudah diperbolehkan untuk membuka lahan pertanian agar tidak dengan cara membakarnya,” tegas Dandim. (wol/bus/data2)

Editor: M Agus Utama

Check Also

Kementerian Pendidikan-Pemkab Gayo Lues Teken MoU

JAKARTA, Waspada.co.id – Guna mendukung dan melestarikan seni dan budaya Tari Saman, Dirjen Kebudayaan Kementerian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: