Breaking News
Home / Aceh / Dampak Cuaca Ekstrim, Banjir dan Gelombang Tinggi Terjang Aceh
WOL Photo/chairul sya'ban

Dampak Cuaca Ekstrim, Banjir dan Gelombang Tinggi Terjang Aceh

PIDIE,WOL – Bencana banjir sejak Jum’at (01/12) melanda belasan Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, dan satu Kecamatan di Kabupaten Pidie. Sementara di Kota Lhokseumawe, gelombang tinggi menerjang perumahan warga di Desa Hagu Kota Lhokseumawe. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu, petugas gabungan turut mengevakuasi warga.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Munawar, ditemui Waspada Online di ruang kerjanya, mengatakan pihaknya sementara mencatat sejumlah 16 Kecamatan di Aceh Utara diterjang banjir. Ketinggian air bervariasi, mulai 30 centimeter hingga satu meter.

Dalam hal ini kata dia, pihaknya telah melakukan evakuasi sejak tadi malam bersama TNI Polri dan SAR.

“Ada juga yang sempat terkurung banjir, tapi sudah kami evakuasi waktu itu juga. Hingga sore ini tim masih di lapangan untuk terus memantau perkembangan,” ujar Munawar menjawab Waspada Online, Sabtu (02/12).
Banjir-Aceh-1
Adapun berdasarkan data yang diberikan pihaknya, sejumlah 16 Kecamatan yang diterjang banjir yakni Matangkuli, Samudera, Baktiya Barat, Seuneuddon, Kuta Makmur, Lhoksukon, Langkahan, Sawang, Tanah Luas, Muara Batu, Geureudong Pase, Pirak Timu, Baktiya, Panton Labu, Syamtalira Aron dan Simpang Kramat.

“Sejumlah 16 Kecamatan itu berdasarkan data yang kami catat di lapangan, sebagian ada juga pihak Kecamatan yang melaporkan wilayahnya banjir dan ada juga yang tidak melaporkan banjir. Kecamatan-Kecamatan itu dilanda banjir kiriman atau luapan debit air sungai yang tinggi, dan ada pula yang banjir karena air hujan,” ujarnya.

Secara terpisah, sumber Waspada Online menyebutkan ada lima desa di Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie dilanda banjir dengan ketinggian air juga bervariasi. Adapun desa yang dimaksud yaitu Desa Tunong, Tanjong, Raya, Cut, dan Desa Neulop. Banjir yang menerjang dipicu tingginya curah hujan yang membuat sungai Krueng Tgk Chik di Reubee meluap.

Dari Kota Lhokseumawe dilaporkan, sejumlah rumah warga di Desa Hagu Kecamatan Banda Sakti diterjang gelombang tinggi yang dipicu badai Eddy dan Dahlia. Warga menyebutkan, ketinggian air waktu itu mencapai 50 centimeter, lima rumah juga dilaporkan rusak. Tak berangsur lama untuk gelombang tersebut, sejak Sabtu pagi warga pun mulai membersihkan rumahnya masing-masing.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Banjir Kembali Kepung Aceh Utara

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Banjir kembali menerjang puluhan desa di tiga kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: