_
Home / Aceh / Daftar Tunggu Calhaj Aceh 25 Tahun
(WOL Photo/Ega Ibra)

Daftar Tunggu Calhaj Aceh 25 Tahun

BANDA ACEH, WOL – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Depag) Provinsi Aceh, Drs HM Daud Pakeh, mengatakan daftar tunggu jamaah calon haji (calhaj) Embarkasi Aceh baru akan habis pada tahun 2041 atau 25 tahun ke depan. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang mendaftar.

“Secara nasional, Aceh berada pada posisi kedua waiting list (daftar tunggu) terbanyak setelah Sulawesi Selatan. Hingga Kamis (11/8) kemarin, sebanyak 79.420 orang yang sudah mendaftar naik haji. Jadi jumlah tersebut bila dibagi rata dengan kuota yang diberikan untuk Aceh sekarang, maka akan menunggu sampai 25 tahun mendatang,” kata Daud di Asrama Haji Banda Aceh.

Persoalan waiting list ini merupakan perhatian serius Pemerintah Pusat, yang setiap tahun terus berupaya mencari solusi. Di antara wacana yang terus digulirkan antara lain pemberlakuan kuota proporsional berdasarkan prosentase jumlah waiting list pada setiap provinsi. Termasuk membatasi keberangkatan yang sudah pernah haji dengan memprioritaskan jamaah calon haji yang sudah berusia lanjut.

Hal itu terjadi, menurut Daud, karena minat masyarakat Aceh untuk menunaikan ibadah haji setiap tahun semakin meningkat, sehingga harus antrian menunggu jadwalnya masing-masing. Pihaknya akan berupaya meminta kuota tambahan setiap tahun agar daftar tunggunya tidak lama dan bisa habis dalam waktu beberapa tahun.

Menanggapi persoalan waiting list yang terlalu lama itu, Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah mengatakan akan dibicarakan kembali dengan Kementerian Agama RI. Dikatakan, kuota haji untuk Aceh seharusnya minimal 5.000 orang setiap musim (tahun).(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

SMSI Sumut Intensifkan Komposisi Pengurus Periode 2019-2024

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah pemilik media online telah mengintensifkan pembentukan pengurus Serikat Media Siber Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.