Home / Aceh / Cegah Banjir Susulan, BPBD Kerahkan 2 Alat Berat
WOL Photo

Cegah Banjir Susulan, BPBD Kerahkan 2 Alat Berat

LHOKSUKON, Waspada.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara mengerahkan dua unit alat berat untuk menanggulangi dua titik tanggul jebol di Desa Kumbang LT (KM 7) Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Hal itu dilakukan sebagai upaya Pemerintah dalam pencegahan dini banjir susulan yang diprediksi akan kembali terjadi mengingat curah hujan yang masih tinggi. Sementara waktu, penanggulangan dilakukan secara darurat hingga menunggu perbaikan secara permanen.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Munawar H. Ibrahim, kepada Waspada Online mengatakan pasca banjir yang melanda pada Rabu (26/09) lalu pihaknya mulai menurunkan alatberat Excavator guna menanggulangi tanggul jebol di Desa tersebut.

Namun ketika dilakukan pengerjaan, curah hujan yang begitu tinggi terjadi sejak Jum’at (05/10) sore menyebabkan debit air sungai Peutoe meningkat sehingga tanggul yang tadinya diperbaiki malah kembali jebol. Pihaknya kemudian menimbun kembali tanggul itu sejak Sabtu (06/10) kemarin.

“Saya sudah perintahkan anggota tim rescue untuk segera membantu masyarakat menimbun tanggul yang jebol supaya tak bisa dilewati banjir lagi. Saya kerahkan dua alat berat untuk membantu masyarakat, sebelum jebol Jum’at malam sudah kita lakukan upaya penimbunan,” ujar Munawar yang ditulis Waspada Online, Senin (08/10).

Sementara itu warga Desa Kumbang LT, Rudi (40), kepada Pemerintah berharap agar segera memperbaiki beberapa titik kerusakan tanggul disepanjang bantaran sungai Krueng Peutoe. Ia mewakili warga lainnya mengaku jenuh karena banjir kerap sekali menerjang, meskipun itu dalam skala menengah.

“Beberapa hari lalu banjir datang secara berturut-turut, dan kini datang lagi terus surut lagi meskipun banjirnya hanya beberapa jam saja, yang namun kami selaku warga disini sangat jenuh dengan keadaan seperti ini. Intinya kami berharap agar Pemerintah memperbaiki tanggul secara permanen,” tukas Rudi. (wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wakil Wali Kota Evaluasi Penataan Infrastruktur Jalan dan Drainase

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan terus fokus membenahi infrastruktur baik jalan maupun drainase yang ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: