Breaking News
Home / Aceh / Bupati Akui Situs Pahlawan Cut Meutia Tidak Terawat
Istimewa

Bupati Akui Situs Pahlawan Cut Meutia Tidak Terawat

LHOKSUKON, WOL – Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib mengakui bahwa situs sejarah Pahlawan Wanita Nasional, Cut Meutia di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, tidak terawat. Kondisinya pun sampai dengan hari ini kian memprihatinkan.

Hal itu diakuinya saat ditanyai Waspada Online, usai memimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional yang ke 70 tahun di lapangan serbaguna Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Selasa (10/11).

“Ya betul, kondisi situs sejarah pahlawan kita yakni Cut Meutia tidak terawat, kondisinya sangat memprihatinkan. Hal ini persoalan yang pertama adalah Aceh Utara yang anggarannya sangat minim, sehingga kita juga tak mampu,” ujar pria nomor satu yang akrab disapa Cek Mad.

Dia menjelaskan, situs sejarah khususnya yang ada di Kabupaten Aceh Utara adalah situs Nasional milik bangsa, bukan milik kabupaten, dan itu wewenang Provinsi. Dalam hal ini dirinya juga bertanya bahwa situs sejarak milik bangsa itu sebenarnya tanggung jawab siapa dan siapa yang akan memugarkannya.

“Situs sejarah ini adalah situs nasional, bukan kabupaten. Itu wewenang Provinsi. Nah sekarang siapa yang bertanggung jawab, siapa yang akan memugarkannya, maka saya juga menunggu perintah soal situs sejarah yang ada dikabupaten kita ini,” jelas Cek Mad.

Menurut dia, pihaknya sudah mengusulkan untuk merawat lebih baik situs bersejarah tersebut khususnya pembangunan jalan ke makam Cut Meutia, dan itu akan segera dimulai pengerjaannya.

Pihaknya berharap, dalam hal ini jangan melihat dengan sebelah mata. “Saya harap maupun beserta DPR serta seluruh elemen masyarakat tolong jangan lihat sebelah mata terhadap pahlawan kita,” harap dia.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gunung Anak Krakatau Meletus 56 Kali, Status Masih Waspada

  JAKARTA – Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda Provinsi Lampung meletus hingga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: